Ragam Manfaat Buah Duku Terhadap Kesehatan

Meski ukurannya kecil, ternyata duku termasuk dalam deretan buah yang kaya akan nutrisi. Selain rasanya yang enak, duku juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mengetahui beragam manfaat dari duku tersebut, mari disimak ulasan dibawah ini.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi yaitu sembelit. Kondisi ini terjadi akibatkan oleh  asupan serat tidak tercukupi dengan baik. Adapun salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengkonsumsi buah duku.  Pasalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

  1. Kaya Antioksidan

Disamping baik untuk pencernaan, buah duku juga dikenal sebagai sumber antioksidan alami, seperti polifenol. Suatu studi menyebutkan, bahwa buah duku memiliki kandungan antioksidan yang mirip dengan buah pisang dan pepaya. Antioksidan ini dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya merusak sel, menyebabkan penyakit, dan mempercepat penuaan.

  1. Sumber Vitamin B dan C

Buah yang satu ini juga mengandung beragam vitamin B, mulai dari thiamin, riboflavin, dan niacin. Vitamin B dari buah ini akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Disamping vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Adapun khasiat vitamin C yang terkandung dalam buah ini, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh. Apabila Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain Buahnya, Bagian Lain Dari Duku Juga Bermanfaat

Manfaat buah duku ternyata tidak hanya berasal dari daging buahnya saja. Kulit serta daun buah duku juga sering dijadikan obat-obatan. Pada penelitian yang membahas mengenai manfaat buah duku, ekstrak kulit dan daun pohon duku berpotensi sebagai obat malaria. Kandungan yang terdapat pada  ekstrak kulit buah duku dapat melawan strain parasit penyebab malaria. Studi lain juga mengungkapkan,  bahwa kulit dan biji buah duku memiliki sifat antibakteri. Kulit dan biji buah duku yang dikeringkan akan menghasilkan asam lansionat yang dapat melawan infeksi beberapa jenis jamur, salah satunya Candida albican.(ARa)

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION