Jodie Octora : Jangan Khawatirkan Noise Dalam Stage Photography

Memotret aksi panggung para musisi tentunya menjadi suatu keasyikan tersendiri bagi mereka – mereka yang menggemari genre stage photography. Namun tentunya, untuk dapat menghasilkan foto yang bagus, penguasaan teknik fotografi menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh para fotografer pemula yang hendak menggeluti genre yang satu ini. Tata lighting yang kerap berubah – ubah serta kecepatan moment aksi dari obyek yang hendak di jepret menjadi tantangan tersendiri dalam stage photography.

Diungkapkan oleh Jodie Octora, fotografer profesional yang selama ini menggeluti genre stage photography, selain penguasaan teknik fotografi, ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan oleh seorang fotografer pemula di genre ini. “ Mendapatkan moment terbaik dari obyek yang kita foto itu juga sangat penting disamping penguasaan teknik memotret. Dan jangan pernah khawatir dengan noise yang muncul akibat pencahayaan minim pada saat anda memotret.” terangnya ketika ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Lebih jauh ia juga menambahkan, bahwa sebaiknya sebelum melakukan pengambilan gambar, seorang fotografer perlu melakukan survey secara mendalam terkait obyek atau artis yang hendak difoto. “ Cobalah cari tahu bagaimana aksi panggungnya, tata lighting yang biasa digunakan oleh si artis tersebut serta cari tau juga angle – angle dari mana sajakah biasanya si artis terlihat bagus ketika di foto saat dipanggung.” ucap Jodie.

Sedangkan untuk lensa yang biasanya digunakan dalam pemotretan stage sambung Jodie, ada beberapa macam. Mulai dari lensa wide seperti 16 – 35mm,  lensa medium 24 – 70mm hingga lensa tele 70 – 200mm. Sementara untuk lensa dengan focal length tunggal alias lensa fix yang biasa digunakan, yakni lensa 35mm dan juga lensa 50mm.

Mengakhiri perbincangannya, Jodie berharap agar kedepannya dunia fotografi di Indonesia semakin maju dan berkembang pesat. “ Semoga makin banyak fotografer – fotografer yang ingin mendalami genre stage photography. Sehingga nantinya akan muncul wajah – wajah baru dengan hasil karya yang jauh lebih hebat lagi.” ujarnya seraya menambahkan, agar para fotografer pemula rajin menampilkan karya fotonya di sosmed dan rajin mengirim direct massage kepada para artis sebagai cara untuk memperkenalkan diri sebagai stage photographer.(Rul)

 

 

 

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION