Kelebihan Mengambil Gambar Dalam Format Panorama

Fotografi panorama dikenal juga dengan istilah fotografi berformat lebar, yakni teknik khusus untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu. Kata panorama sendiri berasal dari bahasa yunani yang berarti semua pandangan. Dengan semakin berkembangnya teknologi akan lebih mudah mendapatkan gambar-gambar stabil yang nantinya akan digabung, serta proses editing akan lebih cepat dan mudah.

Sejak awal penggunaan kamera, fotografi panorama selalu identik dengan landscape dan juga arsitektur. Hal ini bisa dikarenakan lebih mudah menggunakan panorama untuk benda-benda tidak bergerak. Panorama adalah gabungan beberapa foto untuk membentuk sebuah gambar dengan view/sudut yang jauh lebih lebar. Dengan menggabungkan (menjahit) beberapa gambar tersebut, akan didapatkan gambar ultra wide perspektif yang memberikan keuntungan resolusi yang besar sehingga ketika dicetak gambar tidak akan pecah.

Tipe panorama dibagi menjadi 4 dengan kriteria sebagai berikut :

 

  1. Wide Angle Panorama

Merupakan gabungan gambar dengan angle tidak lebih dari 180 derjat, baik berbentuk horizontal maupun vertikal. Gambar ini terkadang mirip dengan gambar pada umumnya

  1. Panorama 180 derajat

merupakan gabungan gambar sehingga mecapai sudut 180 derajat dari kiri ke kanan sehingga tipe ini mampu mengcover area yang sangat lebar.

  1. 360 derajat foto panorama

Panorama yang mengcover sampai dengan 360 derajat, dimana pemandangan akan nampak sangat lebar.

  1. Spherical panorama

Juga dikenal dengan sebutan planet, merupakan gambar 360 derajat yang dibentuk menjadi bola dunia menggunakan teknik editing khusus.

Lalu apa sajakah keuntungan yang didapat bila mengambil gambar dengan menggunakan teknik  panorama tersebut ?

  1. Sudut Pandang Lebih Luas

Satu jepretan dengan menggunakan lensa wide angle, terkadang tetap tidak memenuhi harapan kita untuk mengcapture sudut yang diinginkan. Selain itu, penggunaan lensa wide angle dengan focal sangat length pendek juga menghasilkan distorsi bentuk kebulatan mirip dengan lensa fish eye yang tentunya kurang natural. Dengan format panorama akan lebih mudah mengatur komposisi area mana yang diinginkan untuk kemudian digabung menjadi sebuah gambar.

  1. Cetak Ukuran Besar

Saat ini untuk hiasan rumah sering di dapati wallpaper hasil cetak berukuran ekstra besar yang tertempel pada dinding. Gambar tersebut tentu berasal dari file yang berukuran besar pula, karena bila kecil maka akan pecah sehingga detail gambar akan kurang maksimal.

Cara memotret panorama

Menggunakan Orientasi Horizontal

Menggabungkan gambar gambar yang diambil dengan orientasi horizontal. Cara ini sangat cocok bila ingin menghasilkan gambar meninggi karena bila digabungkan akan menghasilkan orientasi portrait.

Menggunakan Orientasi Vertikal

Cara ini merpakan kebalikan dari yang pertama, yakni mengambil gambar-gambar dalam orientasi vertikal untuk digabung menjadi sebuah gambar yang berorientasi landscape. Kedua cara diatas tentu bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan/kreatifitas masing-masing.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION