Pentingnya Pilih Background Yang Tepat Saat Pemotretan

Background foto terkadang menjadi satu hal yang cukup memusingkan dalam memotret. Menentukan background yang tepat dalam situasi pemotretan yang berbeda, kadang bisa sangat menentukan hasil akhir foto.

Untuk pemotretan outdoor atau luar ruang, biasanya lebih menyulitkan fotografer dalam menentukan background yang tepat. Berbeda halnya ketika memotret dalam studio foto atau dalam ruangan. Ketika memotret dalam ruangan, Anda biasanya lebih mudah menentukan background karena Andalah yang memiliki kontrol penuh atas kondisi ruangan. Umumnya orang menggunakan latar kain dengan corak khusus untuk pemotretan di studio, cara seperti itu sering digunakan fotografer yang tak memiliki waktu untuk pemotretan outdoor. Khususnya yang memotret model ataupun potrait keluarga.

Berbeda dengan memotret di dalam studio, pada saat Anda berada di luar ruangan, maka kemampuan untuk memilih background foto menjadi sangat terbatas. Anda hanya bisa menyesuaikan dengan kondisi alam atau lingkungan tempat pemotretan tersebut. Jika pada dasarnya lingkungan yang ada bagus atau cantik, tentu akan menunjang hasil akhir foto.

Namun apabila lingkungan yang ada terlihat jelek atau tidak cocok dengan subjek yang hendak difoto,  maka Anda memiliki tiga pilihan di sini. Pilihan pertama adalah mencari lokasi baru yang lebih baik sehingga background foto jadi lebih bagus. Yang kedua adalah memisahkan objek dari background, memisahkan di sini bisa dengan cara membuat background tampak blur (efek bokeh), atau menggunakan teknik low key.

Dan pilihan yang paling ekstrim adalah mengganti background foto secara keseluruhan dengan manipulasi digital atau software editing. Selain dengan menggunakan efek bokeh tadi, Anda juga bisa memisahkan background foto dengan cara mematikan cahaya  lingkungan (ambient light) yang ada. Hal itu bisa didapat dengan menggunakan teknik low key, dimana keseluruhan background foto tampak gelap (hitam) dan hanya pada model yang tampak terang. Jika Anda memotret objek foto alam atau landscape, tentu pilihan latar foto atau background umumnya mudah, namun jika memotret model atau manusia, perhatikanlah senantiasa latar atau background yang ada.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Apakah background foto yang ada terlalu ramai? Background foto yang terlalu ramai akan mendistraksi atau mengalihkan fokus orang yang melihat. Sudah seharusnya, pada waktu Anda membuat  foto dengan model menjadi subjeknya, perhatian pertama dari orang yang melihat foto itu harus jatuh pada model yang ada.
  • Kontras warna dan komposisi background foto. Perhatikan apakah sesuai dengan tema pemotretan yang Anda inginkan atau tidak
  • Background juga dibiarkan menyatu dengan objek foto. Contohnya saat memotret human interest, dengan background yang mendukung turut membantu foto itu ‘bercerita’ lebih baik.

Pemilihan background foto yang kurang tepat bisa membuat sebuah foto terlihat kurang bagus pada hasil akhirnya, sedangkan pemilihan background yang tepat akan turut meningkatkan keindahan foto nantinya.(Rul)

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION