10 Khasiat Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat melon tidak hanya sebagai makanan yang segar tapi juga baik untuk kesehatan. Buah melon bukan tumbuhan berjenis buah yang bisa berkembang setiap musim. Buah ini termasuk dalam buah musiman yang pertumbuhannya merambat. Buah ini memiliki beberapa kandungan gizi yang baik untuk Anda konsumsi dan juga keluarga. Beberapa kandungan gizi tersebut yakni vitamin, serat, air, potassium, fosfor, dan karbohidrat. Untuk itu mari kita simak beberapa manfaat dan khasiat melon berikut ini.

  1. Antioksidan

Melon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang sudah  Anda ketahui, bahwa vitamin C mengandung senyawa antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya. Sel yang terkena radikal bebas terus-menerus akan rusak dan membuat kulit Anda menjadi kulit yang tidak sehat dari dalam.

  1. Kesehatan Mata

Selain vitamin C, manfaat melon jugda datang dari kandungan vitamin A. Vitamin tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Dismpaing itu, dengan rutin mengkonsumsi buah ini, juga dapat membuat penglihatan mata Anda lebih jernih dan jelas. Bagi Anda yang berkacamata, buah ini bisa menjadi alternatif selain buah wortel.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat melon selanjutnya yaitu berkaitan dengan adenosine, senyawa yang bisa memperlancar aliran darah disekitar jantung Anda. Dengan adanya senyawa tersebut, Anda bisa mencegah terkena penyakit jantung dengan peredaran darah yang baik. Peredaran darah yang teratur akan meningkatkan kinerja jantung Anda dengan lebih baik pula.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Ketika Anda salah makan atau terlalu sering makan makanan yang berbeda, maka pencernaan Anda akan terganggu. Karena melon memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, pencernaan Anda akan menjadi lebih sehat. Serat berguna memperlancar serta mengumpulkan sisa makanan yang ada di dalam sistem pencernaan Anda, sehingga bisa langsung dikeluarkan dari tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes atau kelebihan kadar gula di dalam darah, banyak di indap oleh masyarakat Indonesia, terutama yang berusia diatas 40 tahun.  Anda bisa mencoba khasiat melon sebagai pengganti gula setiap hari karena buah ini mengandung kalori yang rendah. Makanlah buah ini yang diimbangi dengan pengurangan konsumsi gula berkalori tinggi.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Stroke hampir sama seperti penyakit serangan jantung, karena kedua penyakit tersebut adalah jenis penyakit yang paling sering diderita manusia ketika mereka tidak menjaga pola makan dengan benar. Manfaat melon bisa mencegah Anda dari serangan penyakit stroke yang berbahaya.

  1. Mencegah Impoten

Bagi kaum Adam, salah satu penyakit yang ditakuti adalah penyakit impoten. Karena penyakit ini bisa menimbulkan pertanyaan tentang vitalitas mereke sebagai pria. Dengan memakan buah melon secara rutin, Anda bisa terhindar dari penyakit impoten.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit yang cukup berbahaya seperti kanker bisa dicegah dengan buah melon. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon, secara klinis terbukti bisa mencegah serangan penyakit kanker.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki problem dengan berat badan dan ingin menurunkannya, disarankan untuk mencoba mengkonsumsi  buah melon. Khasiat melon salah satunya yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan kandungan sodium yang cenderung rendah.

  1. Anti Aging

Satu lagi manfaat dari buah melon untuk kaum hawa yaitu, untuk mencegah penuaan terlalu dini atau berfungsi sebagai anti aging. Kulit Anda akan lebih kenyal dan juga cerah dengan memakan buah ini setiap harinya. Wajah yang cerah merupakan cerminan dari wajah yang sehat dan segar. Untuk mendapatkan wajah cerah tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah melon dengan rutin. Selain cerah, wajah Anda juga akan terhindar dari jerawat serta bekasnya.(ARa)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION