Mengambil Foto Makanan Nan Dramatis Dengan Gaya Chiaroscuro

Teknik Fotografi chiaroscuro juga secara umum dikenal sebagai “dark photography” alias fotografi gelap. Sebab, banyak gambar dalam gaya ini menampilkan bayangan gelap yang kuat serta memiliki kesan suasana hati yang dramatis. Namun demikian, yang sesungguhnya menjadi karakteristik gaya ini adalah keterampilan interaksi antara area bayangan yang sangat gelap dengan area terang (dalam bahasa Italia, “chiar”=”cahaya”, “oscuro”=”gelap”), yang berfungsi untuk menonjolkan subjek foto.

Karena nama lain gaya ini adalah “fotografi gelap”, satu kesalahpahaman yang umum terjadi yaitu, bahwa fotografi gaya chiaroscuro hanya tentang kegelapan. Namun demikian, hanya dengan mengurangi cahaya pada gambar untuk membuatnya tampak gelap secara visual, tidak akan menghasilkan chiaroscuro yang istimewa. Jangan lupa, bahwa “chiaroscuro” artinya “light-dark” (gelap-terang). Keindahan gambar chiaroscuro terletak pada keterampilan penggunaan kontras antara bayangan terang dan bayangan yang gelap gulita.

Selain itu, pastikan bahwa pencahayaan cukup lembut untuk menonjolkan subjek dalam tiga dimensi, serta transisi antara area terang dan bayangan gelap terlihat mulus dan bertahap. Kuncinya yakni dengan memanipulasi cara cahaya memasuki gambar dengan menciptakan jalur untuknya. Dan dengan menggunakan papan reflektor hitam  sedemikian rupa, sehingga menciptakan bayangan gelap yang cukup dalam pada gambar sehingga ada kesan ketegangan.

Untuk memotret dengan teknik inim, sebaiknya Anda menggunakan pencahayaan samping untuk gaya fotografis. Karena sudut pencahayaan ini memungkinkan Anda menciptakan secara mudah kontras yang kuat antara area yang terang dan yang gelap. Warna gelap menyerap cahaya dan menambah bayangan, jadi, pilihlah warna yang gelap untuk berbagai benda yang akan membentuk latar belakang foto Anda.

Apabila memotret foto chiaroscuro, pilihlah sesuatu yang berwarna gelap untuk background dan  alas subjek. Latar belakang berwarna gelap memiliki efek yang sama seperti reflektor warna hitam yang menyerap cahaya dan mempertegas bayangannya. Sebaliknya, latar belakang berwarna terang akan memantulkan cahaya dan bayangan yang lembut, kebalikan efek yang ingin Anda hasilkan dalam fotografi chiaroscuro.

Perbedaan Foto Chiaroscuro Dengan Foto Kurang Cahaya

Pada foto chiaroscuro, bayangan gelap telah dengan sengaja diciptakan supaya makanan, yang menjadi perhatian utama bidikan, secara kontras tampak lebih terang. Seakan Anda bisa membayangkan makanan yang masih mengepul karena tampak bersinar, tetapi perhatikan area yang terang ini tetap terkendali sehingga tidak terjadi blowout. Sementara itu, bidikan yang kekurangan cahaya, secara keseluruhan tampak gelap, tanpa ada kontras sama sekali antara bagian yang terang dan yang gelap.(Rul)

 

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION