5 Teknik Memotret Konser Yang Harus Dipelajari

Memotret konser termasuk ke dalam jenis fotografi panggung atau yang lebih populer dengan istilah stage photography. Foto panggung sendiri secara umum dikategorikan ke dalam dua kegiatan, yakni foto dokumentasi dan foto liputan. Dan jika Anda jeli serta mengetahui cara memotret konser yang benar,maka  konser musik bisa menjadi salah satu objek fotografi yang sangat menarik. Namun tidaklah mudah bagi seorang fotografer, khususnya pemula, bisa menghasilkan foto konser yang memiliki nilai artistik. Sebab tingkat kesulitan dalam memotret konser tersebut cukup tinggi, misalnya saja dari sisi pencahayaan yang secara cepat berubah – ubah. Belum lagi masalah angle pemotretan yang juga kerap memaksa fotografer berada pada satu lokasi saja, dan lain sebagainya.

Namun meski begitu banyak kendala yang harus dihadapi oleh seorang fotografer saat memotret konser, jika foto yang diambil ternyata pas dan berkualitas, tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri. Lantas bagaimanakah cara untuk dapat menghasilkan foto konser yang bagus? Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan :

  1. Gunakan Auto White Balance

Konser merupakan kondisi yang tepat jika Anda ingin menggunakan settingan auto white balance. Untuk memudahkan saat memotret konser yang identik dengan cahaya warna-warni serta lampu yang berganti-ganti, maka pakailah jenis settingan auto white balance. Seting white balance daylight pun sebenarnya juga bisa Anda gunakan, namun akan memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk hasil foto konser yang lebih optimal, gunakanlah format RAW dan atur kembali warna foto di komputer sesuai dengan kebutuhan artistik yang diperlukan.

  1. Atur ISO

Langkah selanjutnya yakni dengan mengatur ISO. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa konser biasanya digelar pada malam hari sehingga memiliki pencahayaan yang minim. Dengan mengatur ISO terlebih dahulu, maka kecepatan rana pada kamera dapat Anda atur supaya lebih cepat pada waktu  membidik objek.

  1. Pilih Lensa Tercepat dan Bukaan Terlebar

Untuk memudahkan pengambilan gambar pada kondisi panggung minim cahaya, maka pilihlah jenis lensa yang memiliki bukaan lebar dan besar. Pemakaian lensa dengan bukaan lebar tersebut,  juga bisa meminimalisasikan ISO guna menghindari noise. Perpaduan penggunaan lensa cepat dan ISO tinggi memungkinkan seorang fotografer memotret momen-momen bagus dan memiliki kualitas foto panggung yang tajam.

  1. Gunakan Exposure Compensation

Cahaya di panggung konser umumnya tidak tersebar secara merata, sehingga metering pada kamera akan sulit memperoleh exposure yang tepat. Untuk mengatasi kondisi tersebut, r yang harus dilakukan yaitu dengan menggunakan tombol kompensasi + atau – yang ada di kamera. Kompensasi minus bisa digunakan saat panggung memiliki latar belakang yang lebih gelap dibandingkan dengan bagian depan. Sedangkan, kompensasi plus dapat dipakai pada kondisi sebaliknya.

  1. Perhatikan Komposisi

Disamping pengaturan pada kamera, hal terpenting lainnya yaitu terkait masalah komposisi. Sebab, komposisi yang kurang tepat biasanya akan mengurangi kualitas foto meskipun saat memotret exposurenya sudah bagus. Agar mendapatkan komposisi yang pas, sangat disarankan untuk datang lebih awal ke lokasi konser. Kemudian carilah posisi – posisi terbaik yang nantinya akan dipakai untuk spot pemotretan Anda.(MYd)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION