Arti Dari Arah Pandangan Subjek Foto Portrait

Dalam memotret obyek orang atau model, seringkali kemana arah subjek melihat kurang mendapat perhatian dari fotografer, dan Anda selalu berkonsentrasi pada nilai estetika suatu gambar portrait. Ke arah mana subjek melihat ternyata memiliki maksud, dan mampu mempengaruhi bagaimana viewer melihat gambar sekaligus menjelaskan sesuatu didalam gambar. Sebagai contoh dua orang yang saling melihat artinya memiliki hubungan atau relasi, sedangkan anak kecil yang memegang piring berisikan cokelat artinya mengundang kita untuk ukut serta makan. Sedangkan seseorang yang melihat keluar frame bisa membuat viewer bertanya tanya “apa yang sedang dia lihat? Dan sebagainya. Tentunya tidak ada pakem salah atau benar dalam fotografi, namun beberapa panduan berikut dapat membantu menentukan pose subjek portrait untuk hasil yang lebih optimal.

  1. Tidak Melihat Ke Arah Kamera

Saat subjek tidak melihat ke arah kamera, maka ketika viewer melihat gambar secara alami mereka pasti ingin tahu apa yang sedang dilihat oleh subjek. Dan sebagai fotografer, Anda memiliki 2 opsi, yang pertama memang sengaja menyembunyikanya, atau yang kedua memang ingin memperlihatkannya. Ketika Anda menampakkan suatu benda, maka jelas sudah pesan yang Anda maksud dalam foto tersebut. Namun ketika tidak menyertakan elemen lain yang sedang dilihat subjek, maka gambar tersebut akan sedikit menyertakan “intrik” yang tidak memiliki jawaban, atau secara alami viewer tidak mendapatkan apa yang mereka cari.

  1. Melihat Langsung Ke Arah Kamera

Ketika subjek melihat langsung ke arah kamera, bisa dipastikan bahwa wajah akan menjadi focal point dalam gambar. Sulit bagi viewer untuk tidak menatap area wajah. Kadangkala ketika subjek melihat langsung, bagi viewer akan memunculkan kesan kurang nyaman atau sedikit ‘sensi’ karena arah pandangan langsung yang cenderung “menantang”. Namun disisi lain pandangan langsung bisa mengesankan power atau kekuatan serta ketajaman terutama pada area mata.

Kemana subjek melihat ternyata memang sangat berpengaruh dalam suatu larya fotografi, khususnya fotografi model. Semoga uraian diatas dapat membantu Anda dalam mengatur pose subyek yang hendak di foto, agar hasil foto tersebut jadi lebih maksimal lagi nantinya.(Rul)

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION