3 Cara Jitu Memotret Asap Kopi Gunakan Kamera Ponsel

Coffeetography merupakan teknik pengambilan gambar kopi yang saat ini tengah tren di situs jejaring social serta dianggap sebagai salah satu hal paling happening .  Namun ternyata, tidak semua orang paham benar mengenai dunia coffe photography tersebut. Setelah kemunculan food photography, coffee photography lah yang disebut-sebut menjadi salah satu ranah paling heboh di media sosial terutama instagram. Apabila Anda seorang pemula yang ingin mempelajari ilmu seputar foto kopi tersebut,  berikut ini ada  tips bagaimana memotret asap kopi dengan menggunakan kamera ponsel.

  1. Kenali Produk Kopinya

Sebelum memotret produk minuman kopi, pastikanlah bahwa Anda sudah mengenali minuman kopi tersebut. Jika tidak memahami, tentulah akan kesulitan dan hasilnya tidak akan maksimal. Yang dimaksud dengan mengenali produk yang akan difoto misalnya, Anda akan memotret coffe latte atau cappuccino, maka Anda harus paham benar dengan dua jenis minuman kopi ini. Minuman ini adalah minuman dengan foam dan latte art di permukannya. Apabila terlalu lama difoto, foam bisa turun dan latte art bisa berantakan. Jika hal itu terjadi, maka nilai estetikanya pastilah menurun. Jadi sebaiknya fotolah sebelum apa – apa yang terdapat dalam minuman kopi itu rusak dan berubah bentuk.

  1. Menggunakan Effect Asap

Berbicara tentang minuman kopi adalah berbicara tentang proses dan bukan hanya tentang hasilnya saja. Jadi bila ingin hasil foto kopi Anda terlihat menarik, maka cobalah menangkap momen – momen proses penggunaan effect asap secara detail. Dengan menuangkan effect asap pada kopi akan menimbulkan kesan bahwa kopi tersebut benar – benar masih panas,  sehingga mengeluarkan asap. Gunakan effect dalam kondisi ruangan yang dingin tetapi matikanlah AC  supaya effect lebih terarah.

  1. Berani Bermain Angle

Tidak ubahnya seperti genre fotografi lainnya, dalam coffeetography Anda tentu harus juga berani bermain dengan angleCari sudut pandang yang menarik dari sebuah momen, lalu abadikan dengan dalam sekali jepretJika bosan dengan angle yang satu, Anda tentu bisa mengeksplorasi dari sudut pandang yang lain. Cukup banyak teknik yang bisa Anda tiru seperti teknik flatlay. Flatlay sendiri merupakan salah satu teknik paling banyak digunakan di dunia media sosial perihal foto – foto kopi ini. Untuk mempelajari teknik tersebut secara lengkap, Anda bisa mencari uraiannya melalu goggle atau youtube.

Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba dan mengeksplorasi minuman kopi dari berbagai sudut pandang. Coffeetography adalah ranah untuk bermain – main yang mengasyikan dalam dunia seni fotografi.(Bet)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION