Tips Untuk Hilangkan Kantong Mata Secara Alami

Kantong mata merupakan salah satu masalah kulit wajah yang bisa menyebabkan Anda jadi terlihat lebih kusam, lelah, sekaligus tua. Kondisi ini tentu menjadikan wajah nampak kurang fresh yang pada akhirnya mengganggu penampilan Anda.

Adanya kantong mata yang membesar biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan pada daerah bawah mata. Area tersebut memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis serta paling longgar. Ada beberapa faktor yang membuat mata menjadi hitam dan berkantong, yaitu:

  1. Kurang tidur
  2. Mengkonsumsi makanan tinggi garam atau menangis pada malam hari
  3. Posisi tidur miring atau tengkurap
  4. Proses penuaan: semakin tua, lapisan kulit dan jaringan sekitar mata melemah sehingga lemak penunjang mata mengendur dan terbentuk kantong mata
  5. Tanda penyakit tertentu seperti alergi, sinusitis, masalah tiroid

Sebenarnya, saat ini cukup banyak produk kecantikan maupun treatment yang bisa diimplementasikan untuk mengurangi bahkan membuang kantong mata. Meski cara tersebut terbilang instan, namun  harganya relatif mahal dan memiliki efek samping tertentu, Oleh sebab itu, Anda dapat memilih cara alami untuk menghilangkan kantong mata. Disampng lebih ekonomis, dengan menggunakan cara alami juga lebih aman dan minim efek samping. Dibawah ini adalah bahan – bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kantong mata.

  1. Kentang

Dinginkan kentang mentah selama beberapa menit. Setelah itu, iris kentang menjadi dua dan tempelkan mata (dengan kondisi terpejam) menggunakan dua bagian tersebut. Tutupi area mata yang hitam, berkantong, atau bengkak. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Anda akan melihat perubahan besar pada area hitam di mata Anda.

  1. Mentimun

Mentimun merupakan obat alami yang sangat bagus untuk menghilangkan mata bengkak. Ambil dua iris mentimun dingin dan segar, lalu letakkan di mata Anda selama 25 menit. Sifat antiinflamasi mentimun secara alami akan membantu mengurangi jaringan yang bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata Anda.

  1. Pakai Kantong Teh

Jika Anda usai minum teh, jangan langsung dibuang bekas kantong tehnya. Karena Anda bisa  menggunakan kantong teh berkafein di bawah mata untuk membantu mengurangi lingkaran hitam di sana. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Kafein juga mampu melindungi dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Teh hijau, khususnya, menurut para peneliti memiliki efek anti-inflamasi. Caranya dengan merendam dua kantong teh selama 3 – 5 menit. Biarkan kantong dingin di lemari es selama 20 menit. Selanjutnya, peras cairan ekstra dan oleskan ke daerah di bawah mata Anda. Biarkan sekitar 15-30 menit, lalu bilas.

  1. Putih Telur

Putih telur merupakan bahan alami lainnya yang bisa menghilangkan mata panda Anda. Kocok sedikit putih telur lalu oleskan di sekitar mata Anda dengan kuas. Ini akan membuat area di sekitar dan di bawah mata terasa lebih kencang dan bengkaknya berkurang. Diamkan selama 20 menit, kemudian  bilas menggunakan air dingin.

  1. Kompres Dingin

Terjadinya pembengkakan pada mata, terutama jika disebabkan terlalu banyak menangis, dapat diminimalkan dengan kompres dingin. Anda hanya perlu menerapkan kompres dingin selama beberapa menit untuk melihat hasilnya.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air membentuk sekitar 60 persen dari berat tubuh Anda. Karena itulah, tidak mengejutkan jika kekurangan cairan dapat berkontribusi pada munculnya kantong mata. Meningkatkan asupan air tentu akan membantu mengurangi kantung mata Anda. Berapa jumlah cairan yang cukup? Para ahli merekomendasikan untuk minum sekitar 13 gelas cairan sehari untuk pria, dan sekitar 9 gelas cairan per hari untuk wanita.

Itulah sejumlah cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantong mata. Karena bahan yang digunakan alami, perubahannya tidak bisa instan. Anda harus menerapkannya secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal.(Nan)

 

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION