Eksotiknya 4 Pantai di Pacitan Yang Pas Untuk Berwisata

Libur panjang anak sekolah sudah semakin dekat. Lantas Sudahkah Anda merencanakan tujuan saat libur bersama keluarga atau pasangan nanti? Jika masih bingung mau ke mana, maka Pacitan bisa menjadi alternatif tujuan untuk mengisi libur. Pacitan terkenal memiliki panorama panta i- pantai yang tak kalah cantik dengan pantai di Bali. Berikut ini enam pantai di kota berjuluk Kota 1001 Gua yang bisa Anda pilih.

Pantai Tibo

Keindahan pantai di Pacitan dimulai dari sisi sebelah baratnya, yaitu Pantai Banyu Tibo. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo tersebut merupakan salah satu pantai paling barat Pacitan. Pantai ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Keunikan itu tersurat dari nama “Pantai Banyu Tibo” yang berarti “Pantai Air Terjun”. Sesuai namanya, terdapat air terjun yang mengalir tepat di pantai pasir putihnya. Para wisatawan bisa turun ke bawah dan merasakan kesegaran air terjun sambil berpijak di atas pasir yang lembut. Di sini, Anda juga bisa membersihkan diri setelah bermain air laut. Fasilitas di Pantai Banyu Tibo juga sudah cukup lengkap.

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan juga berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Banyu Tibo. Sebelum sampai bibir pantai, Anda akan disuguhkan oleh keindahan panorama pantai dari ketinggian berupa hamparan pasir putih yang memanjang. Suasana pantai di tengah hamparan pasir putih Pantai Buyutan membuat Anda betah berlama – lama disini. Ketika berjalan menyusuri pantai ini, pandangan mata tidak lepas dari gugusan batu karang yang turut menghias panorama. Ada salah satu batu karang berbentuk unik seperti mahkota. Masyarakat setempat menamainya “Watu Narada” atau “Batu Narada” karena menyerupai mahkota Dewa Narada, salah satu tokoh dalam pewayangan Jawa. Luasnya hamparan pasir putih pantai Buyutan juga menjadikannya cocok digunakan sebagai tempat berkemah.

Pantai Klayar

Yang berikutnya adalah Pantai Klayar, yang kini menjadi obyek wisata andalan Pacitan. Pantai ini berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Hamparan garis pantai berpasir putih berpadu dengan hempasan ombak Samudera Hindia tampak begitu eksotis di Pantai Klayar ini. Satu hal yang spesial dari pantai tersebut yaitu terdapat batu karang yang berbentuk seperti Sphinx di Mesir. Pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Klayar dari bukit di sebelah timurnya. Dari sini, terdapat satu pemandangan unik, yakni seruling samudera. Seruling samudera merupakan pancuran air laut alami dari ombak yang masuk ke sela-sela batu karang. Soal fasilitas bagi pengunjung, Pantai Klayar memang yang terlengkap. Selain terdapat warung makan, toko suvenir, toilet, dan kamar mandi. Pengunjung juga bisa menjelajahi garis pantai dengan menyewa ATV.

Pantai Srau

Pantai lainnya di Pacitan yang sudah terkenal keeksotisannya adalah Pantai Srau yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Pantai ini punya keindahan lengkungan garis pantai yang memanjang dengan pasir putihnya. Pantai Srau mempunyai tiga bagian pantai berpasir putih yang menjadikannya  seolah selalu lengang meski didatangi oleh ratusan wisatawan. Ketika hari libur tiba, banyak orang yang berkemah di Pantai Srau. Di lokasi tersebut Anda bisa menikmati suasana pantai yang menyenangkan sambili bermain air dan pasir sepuasnya. Bukan hanya di bibir pantainya saja, keindahan Pantai Srau juga bisa dilihat dari ketinggian bukit di sekitarnya. Jadi tunggu apalagi, jangan lewatkan 4 destinasi wisata pantai yang terdapat di Pacitan tersebut pada waktu liburan Anda bersama keluarga.(MYd)

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION