5 Tempat Wisata Keren Yang Harus Dikunjungi Di Sukabumi

Sebentar lagi masa libur panjang sekolah akan tiba, biasanya berbagai tempat wisata akan dipenuhi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Nah bagi Anda yang tidak berencana untuk berlibur ke luar negeri, begitu banyak destinasi wisata keren yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, salah satunya yang tersebar di kota Sukabumi, Jawa Barat. Berikut ini adalah tempat – tempat wisata yang menjadi lokasi favorit para traveler ketika refreshing dari penatnya berbagai kegiatan sehari – hari yang ada di Sukabumi.

  1. Geopark Ciletuh

Kawasan wisata taman alam batuan yang terletak di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini menawarkan panorama alamnya yang indah. Mulai dari curug Awang, Curug Cimarinjung, Curug Puncak Manik. Selain itu,  ada pulau – pulau kecil, sawah, sungai, hingga pantai yang bisa Anda singgahi  di sini. Contohnya saja Pantai Cimaja yang terkenal karena sering jadi lokasi surfing andalan wisatawan mancanegara. Karena keindahan panorama alamnya, Geopark Ciletuh bahkan telah diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

  1. Kampung Ciptagelar

Kampung adat yang terdapat di kawasan pedalaman Gunung Halimun – Salak ini, merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun. Bernama lengkap Kampung Gede Kasepuhan Cipta Gelar, kampung ini berdiri sejak tahun 1368.  Berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut, Kampung Ciptagelar hingga kini masih memegang teguh adat dan budaya yang mereka miliki. Warga setempat hidup dengan menggunakan bangunan tidak permanen, bercocok tanam secara tradisional, dan menjaga tradisi dengan harapan mampu menyeimbangkan dan menjaga alam. Berlibur ke tempat ini pasti akan membuat Anda semakin menghargai alam dan budayanya.

  1. Situ Gunung

Lokasi ini merupakan salah satu destinasi favorit para fotografer Indonesia, danau Situ Gunung berada di kawasan gunung Gede Pangrango, Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Ditempat wisata ini, Anda bersama keluarga  bisa menikmati suasana tenang dan teduh. Selain karena dikelilingi hutan pinus yang rindang, airnya yang tenang dan semilir angin yang berhembus bisa kamu nikmati sembari berkeliling dengan sampan. Nah bagi Anda yang hobi fotografi landscape, pastinya pemandangan indah di Situ Gunung sangat sayang untuk dilewatkan dari jepretan kamera Anda.

  1. Gunung Gede Pangrango

Setelah danau, geopark, dan kampung adat, Kota Sukabumi masih menyimpan keindahan lainnya yakni  gunung Gede Pangrango. Mempunyai ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut, Gunung Gede Pangrango menyimpan tiga kawah aktif yang sangat mempesona, yaitu Kawah Wadon, Kawah Ratu, dan Kawah Lanang.  Untuk mendaki ke gunung ini, terdapat beberapa jalur yang bisa Anda pilih. Misalnya jalur Gunung Putri di Cipanas, jalur Salabintana di Sukabumi, atau Jalur Cibodas. Pemandangannya yang indah dan suasana yang sejuk bisa Anda nikmati sambil menunggu datangnya matahari terbit.

  1. Gua Buniayu

Obyek wisata yang satu ini letaknya ada di dalam perut bumi. Sesuai dengan namanya, ‘Buni’ yang berarti tersembunyi, dan ‘Ayu’ berarti cantik, gua ini dikenal memiliki keindahan yang alami. Dikenal juga sebagai Gua Cipicung,. Meski terdengar menyeramkan, Gua Buniayu menawarkan pemandangan yang indah lewat stalaktit, stalakmit, flow stone, garundam, dan berbagai ornamen yang tercipta oleh bentukan alam. Memiliki luas area sekitar 10 hektare, mengeksplorasi Gua Buniayu butuh kesabaran dan rasa hati-hati. Banyaknya jalan licin dan terjal, menjadikan jalanan di gua ini cukup rawan. Namun bagi Anda yang menyukai tantangan, lokasi ini tentunya sangat tepat untuk di sambangi.(MYd)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION