Tas Anjat Jadi Inspirasi 9 Busana Rancangan Rokhmi Fitria

Setelah sukses dengan koleksi busana bertema Borobudur yang diluncurkan pada event Indonesia Fashion Week 2018 lalu, kini pemilik Brand Kaenina Rokhmi Fitria, kembali meluncurkan rancangan busana  teranyarnya yang mengangkat tema Kalimantan. Ia menuturkan, bahwa untuk designnya kali ini ia terinspirasi dari tas anjat, yang merupakan tas kebanggaan suku dayak, Kalimantan Timur.

Saat ditemui di Jakarta Convention Centre, Rokhmi mengungkapkan, bila dirinya ingin menampilkan busana mix and match luxury yang mengambil trend neo medieval. Adapun warna – warna yang ditampilkan dibusana rancangannya itu terdiri dari dark goldenrod, white, tan, wheatbisque serta richblack.

“ Sedangkan untuk bahannya sendiri saya menggunakan material superwool, organza, tile cartier, kulit sintetis serta bemberg dan juga kain asli Indonesia yaitu batik serta jumputan. Dan untuk pewarnanya sendiri, saya menggunakan pewarna alami. “ ucap Rokhmi seraya menambahkan jika dirinya menghadirkan design urban style dengan gaya kekinian di dalam busananya tersebut.

Pada pergelaran Indonesia Fashion Week 2019 ini, ada 9 koleksi busana Rokhmi yang ditampilkan diatas catwalk. Dengan mengambil inspirasi tas anjat, ia mengaku ingin terus melestarikan keberadaan tas suku Dayak tersebut agar jangan sampai punah. Sebab kata Rokhmi, saat ini sangat sulit untuk mendapatkan tas anjat yang jadi kebangaan warga Kalimantan Timur. “ Sangat disayangkan kalau sampai tas tersebut akhirnya punah. Karena tas anjat itu merupakan salah satu kekayaan dari budaya Indonesia.” tegasnya.

Lebih jauh, designer yang aktif berkontribusi dalam dunia fashion ini memiliki keingan kuat untuk mengangkat kain – kain asli nusantara. Hal itu terangnya, sejalan dengan brand Kaenina sendiri yang memiliki arti kain Indonesia. “ Dan lewat busana – busana koleksi saya, saya ingin mengajak agar masyarakat terus menjaga semua budaya negeri ini, agar tidak punah tergerus oleh kemajuan zaman.”ujarnya penuh harap.(Rul)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION

Comments