12 Khasiat Air Rebusan Ketumbar Untuk Kesehatan Anda

Ketumbar merupakan tanaman rempah rempah yang banyak digunakan di seluruh dunia sebagai bumbu masakan. Adapun manfaat ketumbar bagi kesehatan yakni meliputi penggunaannya dalam pengobatan peradangan kulit, diare, sariawan, anemia, dan masih banyak lagi. Ketumbar memiliki sebelas komponen minyak atsiri, enam jenis asam (termasuk asam askorbat, yang lebih dikenal sebagai vitamin C), serta sejumlah mineral dan vitamin yang menyehatkan. Berikut ini 12 manfaat dari rebusan air ketumbar bagi kesehatan :

  • Mengatasi Gangguan Kulit

Sifat antiseptip, antijamur, dan antioksidan yang terdapat pada ketumbar, sangat baik dalam mengatasi gangguan kulit seperti eksim, kekeringan, dan infeksi yang disebabkan karena jamur.

  • Mengontrol Kadar Kolestrol

Beberapa asam yang terkandung dalam ketumbar sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Ketumbar juga dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol yang sehat (HDL) yang bekerja sebagai pertahanan terhadap sejumlah kondisi yang berbahaya.

  • Meningkatkan Sistem Pencernaan

Beberapa komponen dari minyak esensial yang ditemukan pada ketumbar, dipercaya dapat membantu meningkatkan kerja pencernaan, serta dapat membantu mengatasi diare. Ketumbar juga bisa  membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh mikroba dan jamur karena ketumbar memiliki sifat antibakteri.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi ketumbar, telah terbukti positif dapat mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang menderita hipertensi. Interaksi dari ion kalsium dan kolinergik dapat melemaskan ketegangan pada pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

  • Mengatasi Sariawan

Citronelol, komponen dari minyak esensial pada ketumbar, merupakan antiseptik yang sangat baik. Selain itu, komponen lainnya juga memiliki efek antimikroba dan efek menyembuhkan yang dapat menjaga luka agar tidak semakin memburuk.

Kandungan pada ketumbar tersebut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka serta  menyegarkan napas. Bahkan, sebelum penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi maupun mengatasi bau mulut.

  • Mengatasi Anemia

Ketumbar memiliki kandungan zat besi, yang secara langsung dapat membantu orang-orang yang menderita anemia. Zat besi juga memiliki manfaat meningkatkan fungsi dari sistem organ lain, meningkatkan energi, dan kesehatan tulang.

  • Anti Alergi

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ketumbar memiliki sifat antihistamin yang kuat yang dapat mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan karena alergi musiman dan rhinitis. Minyak ketumbar juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi alergi terhadap suatu tanaman, serangga, makanan, dan zat lain yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit atau ketika dikonsumsi.

  • Kesehatan Tulang

Kalsium dan mineral penting lainnya yang dapat ditemukan dalam ketumbar merupakan komponen integral pertumbuhan dan daya tahan tulang, serta berperan dalam pencegahan terhadap degradasi tulang sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis.

  • Membantu Sembuhkan Cacar

Kehadiran vitamin C dan zat besi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat ini dapat membantu mencegah dan menyembuhkan cacar, juga dapat mengurangi rasa sakit dan memiliki efek menenangkan pada penderita cacar.

  • Gangguan Menstruasi

Cilantro merupakan stimulan alami, yang dapat mengatur sekresi secara tepat dari kelenjar endokrin, dan dampak hormonal tersebut berarti bahwa hal itu dapat membantu mengatur siklus menstruasi yang tepat dan mengurangi rasa sakit yang terkait selama periode wanita.

  • Kesehatan Mata

Ketumbar sarat dengan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor dalam minyak esensial, yang dapat mencegah gangguan penglihatan, degenerasi makula dan mengurangi ketegangan dan stres pada mata.

Ada juga kandungan beta karoten pada daun ketumbar, yang dapat mencegah sejumlah penyakit lain yang dapat mempengaruhi mata. Bahkan, dapat membalikkan efek dari degradasi penglihatan pada pasien yang terkait dengan penuaan.

  • Mencegah Konjungtivitis

Ketumbar merupakan desinfektan yang sangat baik dan memiliki sifat antimikroba yang dapat melindungi mata dari penyakit menular seperti konjungtivitis. Minyak ketumbar merupakan salah satu komponen fundamental yang biasa digunakan pada sejumlah produk perawatan mata.

Efek Samping Mengkonsumsi Ketumbar

  1. Salah satu efek samping yang tidak biasa yaitu bahwa beberapa penderita mengeluh terhadap sensitivitas cahaya matahari, dan bahwa asupan ketumbar yang berlebihan dapat membuat mereka lebih rentan terhadap sinar matahari, yang kemudian dapat menyebabkan kanker kulit dalam jangka panjang.
  2. Wanita hamil tidak seharusnya mengkonsumsi ketumbar hingga ada penelitian lebih lanjut, meskipun begitu beberapa wanita telah mengklaim bahwa hal itu dapat meningkatkan produksi ASI mereka.
  3. Cara terbaik adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi ketumbar, atau sebelum menambahkannya kedalam program diet Anda, kemudian perhatikan bagaimana respon tubuh Anda setelah mengkonsumsi ketumbar.(ARa)

 

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION