Olahraga 2 Kali Sehari Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Tubuh

Melakukan olahraga 2 kali dalam sehari sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk Anda lakukan. Apabila mampu berkomitmen pada diri sendiri dan pintar mengatur waktu, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari berolahraga 2 kali sehari. Sebetulnya, latihan 2 kali dalam sehari sering diterapkan pada para atlet ketika ingin mengikuti kompetisi tertentu. Meski begitu, olahraga 2 kali sehari bukan tidak mungkin dilakukan bagi Anda.

Sejauh Anda tahu cara mengatur jadwal yang tepat, pada dasarnya olahraga 2 kali sehari menawarkan banyak manfaat. Salah satu manfaat paling jelas dari olahraga 2 kali sehari adalah Anda memberi sinyal pada tubuh untuk ‘tumbuh dan menjadi kuat’ 2 kali lebih mungkin dibandingkan hanya melakukan olahraga sekali dalam  sehari. Bahkan bila Anda semakin aktif dalam beraktivitas fisik, maka kemungkinan untuk terkena penyakit jantung koroner dan memiliki lingkar pinggang yang berlebih pun akan berkurang. Hal ini berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity.

Namun yang wajib untuk diperhatikan adalah, Anda harus berhati-hati ketika ingin menambahkan waktu olahraga dalam sehari. Pasalnya, masalah utama yang muncul disaat Anda memutuskan berolahraga 2 kali dalam sehari yaitu adanya risiko cedera dan stres fisik. Dengan adanya peningkatkan aktivitas fisik, tubuh Anda juga akan dipaksa untuk bekerja lebih keras, sehingga rentan mengalami stres fisik yang dapat memengaruhi sistem saraf dan otot. Akibatnya, Anda rentan mengalami cedera, sistem kekebalan tubuh berkurang, pola tidur terganggu, dan masalah lainnya.

Tips Aman Untuk Berolahraga 2 Kali Dalam Sehari

Jika Anda berniat untuk melakukan olahraga sebanyak 2 kali dalam sehari, Anda harus pintar-pintar untuk mengatur strategi agar tidak berujung malah terjadi nyeri badan atau cedera. Berikut ini tips aman yang bisa Anda ikuti.

  1. Atur Jeda Waktu Beristirahat

Tergantung dari intensitas olahraga yang Anda lakukan, berikan jeda waktu untuk tubuh Anda beristirahat sebelum memulai sesi olahraga berikutnya. Apabila Anda melakukan olahraga dengan intensitas sedang, Anda bisa memberikan jeda waktu setidaknya sekitar 6 jam. Jadi jika Anda menyelesaikan sesi olahraga pertama jam 8 pagi, maka Anda bisa memulai olahraga sesi kedua setidaknya pada jam 2 siang. Namun, apabila Anda memulai olahraga sesi pertama dengan intensitas tinggi, maka berikan jeda waktu yang lebih lama untuk tubuh beristirahat sebelum memulai sesi olahraga selanjutnya.

  1. Atur Intensitas Latihan

Lakukan lebih banyak latihan intensitas berat pada waktu pagi hari di sesi pertama, misalnya latihan kekuatan atau latihan kardio. Sedangkan untuk sesi berikutnya pada waktu sore atau malam hari, lakukan latihan dengan intensitas yang lebih ringan, misalnya yoga atau latihan peregangan. Hal ini dapat membuat jadwal latihanjadi lebih stabil dan membantu mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

  1. Perhatikan Asupan Cairan dan Makanan

Jika Anda berencana melakukan olahraga 2 kali dalam sehari, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi di antara sesi latihan, hal itu untuk memersiapkan tubuh pada saat hendak berolahraga di sesi selanjutnya. Pemenuhan cairan dan makanan yang tepat juga dapat mendukung pemulihan setelah Anda berolahraga, sehingga tubuh tetap bugar meski harus berolahraga 2 kali sehari.

Yang perlu juga harus Anda pahami, bahwa berolahraga 2 kali sehari akan membakar lebih banyak kalori, jadi Anda perlu membekali tubuh dengan protein dan karbohidrat yang cukup. Hindari berbagai jenis makanan olahan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

  1. Cukupi Kebutuhan Tidur

Mencukupi kebutuhan tidur tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja tubuh Anda. Oleh karenanya, cobalah untuk menambahkan jam tidur, khususnya tidur siang untuk meningkatkan asupan energi sekaligus mempercepat proses pemulihan sebelum memulai sesi latihan kedua di sore atau malam hari. Dan jika perlu, pertimbangkan untuk menambahkan terapi pijat atau refleksi untuk proses pemulihan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk olahraga 2 kali dalam sehari, sebaiknya jangan langsung memulainya secara berturut-turut. Disamping itu, untuk permulaan ada baiknya Anda tidak langsung memulainya dengan olahraga intensitas tinggi.  Ingat, tubuh perlu menyesuaikan diri supaya tidak stres. Anda bisa melakukan olahraga 2 kali dalam sehari selang-seling setiap 2 – 3 hari sekali. Setelah sudah terbiasa dengan ritme latihan, barulah Anda bisa menambahkan intensitas dan durasi olahraga.

Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu, pastikan selama 2 kali sesi olahraga dalam sehari Anda tidak merasakan efek negatif pada kesehatan hingga suasana hati Anda. Jika Anda punya kondisi kesehatan tertentu seperti masalah jantung atau diabetes, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum mulai olahraga 2 kali sehari.(ARa)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION