Cara Memotret Model Hijab Dalam Studio Foto

Memotret model berhijab tentu menjadi suatu tantangan tersendiri bagi seorang fotografer terutama pemula. Baik out door ataupun indoor, memotret model berhijab tentu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Lantas hal apa sajakah yang harus diperhatikan oleh fotografer pemula ketika hendak memotret model hijab, terutama saat pemotretan di indoor atau studio? Tentunya hal ini sangatlah penting supaya si model tetap terlihat menarik, menawan namun tetap sesuai dengan kaidah kesilaman. Untuk mengetahuinya, simaklah ulasan dibawah ini.

1.Sesuaikan Pose Dengan Warna dan Tatanan Hijab

Hal pertaman yang perlu diperhatikan ketika hendak memotret model hijab dalam studi yakni pose model dengan tatanan hijab serta warnanya. Intensitas cahaya haruslah disesuaikan dengan tatanan hijab yang dikenakan terutama dengan warna hijab yang dipilih.  Anda bisa menggunakan cahaya yang cukup kuat (treang) jika busana serta hijab yang dipakai memiliki warna – warna netral, seperti merah,coklat dan putih. Hal itu bertujuan agar bayangan yang dihasilkan pada wajah model tidak begitu menyilaukan.

2.Perhatikan Backlight

Untuk model hijab indoor,  yang harus diperhatikan adalah tentang cahaya dari arah belakang model. Fotografer harus menyesuaikan lekuk tubuh dari model, agar cahaya dari sisi belakang tidak terkesan tertutupi dan tetap memberi bantuan pencahayaan yang tidak berlebihan.

3.Gesture

Gesture model merupakan poin utama agar foto tidak terkesan flat/monoton. Bentuk dari hijab yang tidak menunjukkan lekuk model, membuat fotografer membutuhkan banyak ide dalam menunjukkan pose-pose terbaik supaya foto tidak menjadi terlihat biasa – biasa saja.

4.Sesuaikan Wardrobe Dengan Background

Tidak berbeda dengan fotografi modelling lainnya, fotografi hijab indoor juga memiliki kekuatan foto pada kostum yang digunakan. Penggunaan warna kostum harus disesuaikan dengan background disekitar model, agar foto terkesan lebih hidup.

5.Hindari Shadow Berlebihan

Disamping masalah pose dan background pemotretan, hal yang harus diperhatikan juga oleh fotografer yakni masalah shadow atau bayangan yang muncul pada model. Sangat disarankan untuk meminimalisir shadow berlebihan, khususnya di area wajah model. Hal ini sangat penting dilakukan, agar nantinya hasil akhir dari foto tersebut jadi lebih menarik.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION