Manfaat Subjek/Objek Tunggal Dalam Komposisi

Saat memotret, Anda pasti sering menemukan subjek tunggal atau objek tunggal, dimana titik ini akan menjadi point of interest satu satunya dengan background maupun foreground yang berfungsi memperkuat subjek tersebut. Namun terkadang pula Anda kebingungan saat menemuinya, karena banyak sekali metode yang dapat digunakan dalam menyusun komposisi. Atau dalam beberapa kasus Anda menemui lebih dari satu subjek/objek utama untuk dibingkai dalam satu frame, yang juga akan memerlukan pengetahuan agar muncul keseimbangan didalamnya.

Subjek tunggal memberikan banyak keuntungan, antara lain Anda jadi lebih bebas mengaplikasikan teknik komposisi rule of third. Wajah seseorang misalnya, hanya dengan menjauhi area tengah mampu memperbaiki komposisi, tetapi tentunya juga harus ditunjang oleh aspek cahaya dan juga pose subjek. Cukup sulit untuk menempatkan subjek tunggal berada ditengah dan membuatnya nampak menarik, namun banyak juga fotografer handal yang mampu melakukannya.

Lantas bagaimana dengan subjek yang ditempatkan dipinggir frame?. Anda perlu berhati hati, karena semakin menepi subjek maka akan semakin “tidak umum” gambar yang dihasilkan. Hal yang akan membantunya tampil lebiih menarik adalah sisa frame yang tidak ditempati subjek harus nampak menarik. Untuk subjek ditepian frame seringkali cocok menggunakan komposisi negative space. Negative space adalah memberikan sedikit space untuk point of interest dan sisanya yang jauh lebih luas untuk objek lain yang biasanya memiliki pola sederhana yang mampu menghasilkan kesan tenang saat seseorang melihat gambar tersebut. Tetapi bukan hanya kesan tenang yang bisa ditonjolkan, namun juga kesan kesendirian juga bisa dikuatkan dengan cara ini.

Saat Anda melihat subjek, tentu akan langung berfikir disebelah mana “tepatnya” subjek tersebut diletakkan. Dan saat membayangkannya atau mungkin mengambil gambar, kadang terasa ada sesuatu yang kurang atau tidak seimbang. Feeling atau insting tersebut tentunya bermanfaat, agar Anda terus mencari dan menemukan sesuatu yang pas atau seimbang secara visual. Dimanapun Anda menempatkan subjek, tentu tergantung pada selera masing-masing dan tidak ada aturan dalam fotografi, yang ada hanyalah panduan.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION