Bagaimana Memotret Produk Untuk Berjualan Di Onlineshop

Situs jejaring sosial merupakan media yang semakin digemari pada saat ini. Entah untuk mendapatkan informasi, menjual bahkan membeli barang, semuanya dapat dilakukan disana. Bagi Anda yang memiliki barang bekas juga bisa menjualnya secara online dengan mudah dan tentunya gratis. website seperti Olx atau ebay menyediakan layanan tersebut, dimana bukan mereka yang aktif, melainkan individulah yang aktif dalam menawarkan barang.

Saat menjual barang apapun, baik baru atau barang bekas, tentu Anda butuh meyakinkan calon pembeil dengan gambar yang menarik, lengkap dan juga akurat. Lantas bagaimanakan caranya untuk bisa menghasilkan gambar yang baik guna keperluan tersebut? Berikut adalah tips foto produk untuk menjual barang :

  1. Tampilkan Secara Natural

Anda tidak berlu bersusah payah ke studio foto untuk melakukan pemotretan, cukup lakukan didalam rumah. Tampilkan close up barang, detail serta parameter yang mungkin dibutuhkan oleh user. Bila memiliki cacat, maka kemukakan secara jujur untuk menghindari kekecewaan dari pembeli.

  1. Perhatikan Kebersihan Barang

Bersihkan barangyang hendak dijual saat akan diambil gambarnya. Baik dicuci, disemir atau apapun agar barang terlihat optimal. Mungkin akan membutuhkan waktu lama, tergantung dari barang yang akan dijual.

  1. Backgound Yang Bersih

Background yang memiliki kontras dengan objek dan netral akan semakin menonjolkan objek foto sehingga tampil dominan, dan tentunya lebih menarik dimata calon pembeli. Gunakan kertas putih sehingga background nampak bersih. Usahakan untuk mendapatkan background yang seragam dan bersih. Singkirkanlah benda – benda yang dianggap tidak perlu. Cahaya natural mampu menampilkan detail dengan baik, penggunaan reflektor juga diperlukan untuk meminimalkan shadow.

  1. Gunakan Area Dekat Jendela

Dapur ataupun ruang tamu biasanya memiliki jendela dan bukaan, disana juga umumnya terdapat meja sehingga Anda bisa menata produk dengan mudah. Optimalkan cahaya dari jendela, dan gunakan LED/lampu emergency untuk menerangi shadow. Karena misi pemotretan produknya menggunakan cahaya alami, maka wajib dilakukan pemotretan pada siang hari.

  1. Tripod dan self timer

Tripod akan sangat ideal digunakan memotret benda-benda diam dengan penggunaan shutter speed lambat. Tripod juga berfungsi untuk menahan kamera pada saat Anda menata objek dan area sekitarnya. Sedangkan self timer berfungsi penting untuk menghindari getaran akibat tekanan tangan ke shutter button. Disamping tripod, gorilla pod juga bisa Anda gunakan, dengan bentuk yang mini dan kaki fleksibel yang bisa dinaikkan di atas meja.

  1. Komposisi

Aturlah elemen – elemen penyusun untuk mendapatkan komposisi yang menarik. Komposisi Rule of third merupakan cara yang mudah untuk diaplikasikan. Gunakan pula berbagai sudut pengambilan foto  untuk mendapatkan potensi gambar lebih bervariasi.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION