Trik Jitu Gunakan Flash Untuk Foto Preweeding

Memotret foto prewedding di outdoor memang selalu mengasyikan dan kerap menjadi primadona bagi pasangan yang hendak menikah. Namun yang menjadi kendala bagi fotografer adalah memilih menggunakan lampu tambahan (flash) atau natural light). Karna dari setiap pilihan tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mempertimbangkan pemilihan cahaya dalam foto preweeding outdoor, berikut akan dikupas tentang tips menggunakan flash untuk foto preweeding.

Keuntungan Gunakan Flash

Tehnik foto menggunakan flash ketika memotret preweeding sangatlah luas dan dalam, jika fotografer menguasai tehnik penggunaan flash maka ia akan di permudah dalam pengambilan gambar. Tujuan utama menggunakan flash yaitu untuk menambah estetika dari foto preweeding tersebut. Sebab, dapat membuat subjek jadi terlihat lebih hidup menyatu dengan latar belakang pemandangan. Keuntungan dari menggunakan flash adalah Anda memegang kendali dari situasi pencahayaan secara keseluruhan, tidak tergantung dengan cahaya matahari yang sulit di tebak itensitasnya. Bahkan dengan flash, Anda  dapat memanipulasi cahaya supaya tampak natural seperti matahari pada saat sunset.

Penggunaan Flash dan Natural light

  • Usahakan agar kualitas cahaya flash lembut dengan menggunakan diffuser seperti soft box atau juga payung putih.
  • Gunakan Gel untuk mengubah wana flash menjadi kekuningan atau keemasan menyerupai matahari.
  • Maksimalkan kekuatan dari flash supaya bisa meredam cahaya natural sekitar obyek foto, agar merubah “mood” dari lokasi pengambilan foto preweeding
  • Pada pemotretan pagi atau sore hari, cobalah posisikan model membelakangi matahari (backlight), lalu gunakan reflektor dari 45 derajat di depan model untuk memantulkan cahaya matahari ke wajah model sebagai pencahayaan utama.
  • Gunakan reflektor untuk mengganti cahaya tambahan, supaya bayangan pada bagian tertentu dapat di samarkan.
  • Coba sesekali menjadikan matahari sebagai sumber cahaya yang utama. Namun bila terlalu terik, maka cobalah mengatur pose model supaya tidak melihat langsung ke arah matahari.

Persiapan teknis disini bisa berupa kelengkapan kamera, flash, lightstand, reflektor, dan property lainnya  yang harus di bawa. Semuanya harus di pastikan sudah siap, gunakan baterai cadangan baik untuk kamera ataupun flash, dan jangan lupa menyiapkan memori cadangan. Persiapan non tehnis yang harus di lakukan adalah mempersiapkan fisik, list foto yang akan di ambil, referensi pose, kordinasi dengan crew atau fotografer lainnya agar gambar yang di ambil bisa bervariasi.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION