John Tefon : Pahami Proses Sebelum Menekan Shutter

Berkat kemajuan teknologi sekarang ini, serta maraknya situs jejaring sosial ditengah – tengah masyarakat dunia fotografipun mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini, orang yang gemar terhadap seni fotografi terus mengalami peningkatan yang sangat pesat.  Besarnya animo masyarakat terhadap seni fotografi, bukan berarti mereka hendak menyalurkan hobi memotret saja. Bahkan tidak sedikit yang memang  ingin menjadi seorang fotografer professional.

Seiring hal tersebut, dikatakan oleh Jhon Tefon, seorang fotografer professional, sebaiknya mereka yang hendak menjadi fotografer untuk betul – betul mendalami dan menguasai ilmu memotret dengan benar. “Pelajari dengan betul ilmu tentang fotografi, pahami segitiga exposure secara benar. Kuasai tentang pencahayaan dengan baik. Karena memotret itu adalah seni melukis dengan cahaya.”tegasnya.

Saat ditemui di kawasan Cipondoh, Tangerang, iapun menekankan pentingnya penguasaan teknik memotret secara benar. Proses “before click” atau sebelum menekan shutter saat mengambil gambar, itu harus betul – betul dipahami serta dikuasai oleh seorang fotografer. “Sebelum menekan shutter, fotografer harus memastikan foto yang hendak diambil sudah tepat. Baik itu pencahayaan, komposisi, background, dan yang lainnya. Sehingga begitu kita sudah menekan shutter, output yang dihasilkan sudah berupa foto jadi. Dan ketika masuk di photoshop, akan minim editingnya.” ucap fotografer yang sudah menulis sejumlah buku tentang fotografi itu.

Lebih jauh ia mengingatkan, bahwa proses editing dalam fotografi sejatinya bukanlah untuk memperbaiki kesalahan dalam foto akibat kurang maksimalnya saat proses “before click” tersebut. “Editing itu fungsinya hanya untuk men-development gambar yang diambil agar hasilnya bisa lebih maksimal lagi. Jadi kalau ada fotografer yang saat melakukan editing sampai menggunakan layer lebih dari 5, itu tandanya si fotografer masih belum menguasai teknik fotografi secara benar.”ujarnya.(Rul)

 

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION