Pulau Sombori, Miniatur Raja Ampatnya Sulawesi Tengah

Anda belum kesampaian untuk menjelajahi obyek wisata Raja Ampat Papua? Lantas bagaimana bila untuk sementara Anda mengunjungi Pulau Sombori saja? Pulau Sombori merupakan surge tersembunyi  yang terdapat di Morowali, Sulawesi Tengah. Keindahan panorama alam Pulau Sombori ini memang belum banyak diketahui wisatawan lokal maupun mancanegara layaknya Raja Ampat. Namun bukan berarti tempat ini tidak layak dimasukan dalam list destinasi wisata yang harus Anda kunjungi. Sebab bila Anda sudah berkunjung kesini, rasanya betah berlama – lama menikmati eksotisme miniaturnya Raja Amapt tersebut.

Bagi kebanyakan traveler, Pulau Sombori memang kerap dijuluki sebagai Raja Ampat mini atau Phi Phi Island-nya Indonesia. Pemandangan lautnya memang secantik Raja Ampat. Sedangkan pantai birunya yang tenang dan dikeliingi pulau-pulau hijau sekilas mengingatkan kita kepada objek wisata alam andalan Thailand itu.

Keistimewaan Sombori yaitu pantainya yang sangat jernih dengan air berwarna hijau kebiruan. Dikelilingi gugusan pulau hijau dan tebing karst yang indah dipandang mata. Ada juga gua stalagmite, stalagtit dan hidden lagoon yang bisa dicapai dengan trekking. Spot foto favorit para wisatawan di sini adalah Puncak Khayangan. Yaitu spot berupa tebing karst di mana pengunjung bisa menikmati landscape pemandangan Sombori secara utuh. Selain itu, ada ‘rumah nenek’ yang juga menjadi spot foto paling digemari traveler. Disebut demikian, karena rumah terapung di pinggir pantai itu dimiliki seorang wanita tua.

Para traveler yang ingin mengunjungi Pulau Sombori biasanya ditawarkan paket wisata Kepulauan Labengki dan Sombori. Wisata Sombori sendiri masih belum dikelola secara maksimal. Infrastruktur dan fasilitas yang tersedia untuk wisatawan juga masih terbatas. Namun meski begitu, lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang betul – betul ingin merasakan nikmatnya berlibur di alam bebas dan lepas dari hiruk pikuknya keramaian kota. Bagi Anda penggemar seni fotografi, tentunya tidak akan menyesal berkunjung ke Pulau Sombori untuk hunting foto landscape serta membawa model. Jadi tunggu apalagi, sebaiknya masukan Pulau Sombori kedalam daftar teratas tempat yang akan Anda kunjungi saat berlibur tahun ini.(Yun)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION