Anda Suka Kuliner Makassar? Baiknya Kunjungi 6 Resto Ini

Bagi Anda warga Jakarta yang pernah berkunjung ke Makassar, pastinya sudah sangat paham bagaimana lezatnya makanan khas kota ini. Bila merasa kangen dengan citarasa kulinernya tersebut, Anda tidak perlu jauh – jauh sampai terbang ke sana. Karena,  Anda tinggal berkunjung ke sejumlah restoran Makassar di Jakarta yang sudah terkenal kelezatannya. Untuk tahu menu andalan kuliner khas Makassar di sejumlah restoran di Jakarta, sebaiknya And abaca ulasan berikut ini.

  1. Sop Konro Karebosi

Makassar itu terkenal dengan Konro nya yang sangat nikmat. Selain dibakar, Konro alias Iga Sapi juga sama enaknya ketika diolah jadi Sop. Kalau tidak percaya, And bisa mampir di Sop Konro Karebosi yang berada di jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kuahnya yang berwarna coklat kehitaman mungkin tidak terlalu menarik saat difoto. Tapi, saat menyantapnya, dijamin Anda bakal ketagihan.  Racikan rempah di kuahnya terasa begitu sedap. Iga sapi di restoran Makassar ini juga terasa empuk. Selain sopnya, konro Bakar juga wajib And coba ketika singgah disini. Rasanya sangat spesial karena siraman saus kacang di atasnya. Disamping berada di Kelapa Gading, Anda juga bisa menjumpai restoran Sop Karebosi di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan serta Summarecon Mall Serpong, Tangerang.

  1. Mamink Daeng Tata

Makanan yang tersedia di Mamink Daeng Tata ini rasanya lezat semua. Namun bedanya dengan rumah makan khas Makassar lainnya, yakni di sini Anda bisa makan iga yang ukurannya cukup besar. Menurut sejumlah pelanggan, sop konro nya juga bikin Anda ketagihan. Kuahnya gurih dan aroma rempahnya juga sangat pas dilidah. Sebagai menu penutupnya, disini juga ada Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung yang bisa dipilih. Keduanya segar dan manisnya terasa pas dilidah. Bagi Anda yang kebetulan melintas di kawasan Tebet, tidak ada salahnya Anda mampir ke tempat makan ini, yang terletak di jalan KH. Abdullah Syafei, tebet, Jakarta Selatan.

  1. Sulawesi@Kemang

Bila Anda tengah mencari seafood yang diolah dengan bumbu khas Makassar, rasanya tempat yang  paling tepat untuk dikunjungi ya ke Sulawesi@Kemang ini. Menu Ikan Sukang Bakar di tempat ini sudah terkenal tidak ada tandingannya. Selain dagingnya yang agak manis dan lembut, pilihan sambal untuk menemani sajian ini juga beragam, tapi paling pas sepertinya sambal mangga. Selain menu tersebut, rasanya rugi bila Anda melewati hidangan Jalangkote di restoran ini. Pastel khas Makassar yang isinya sayur-sayuran, tauge, telur rebus, dan wortel ini rasanya nikmat. Terlebih lagi disajikan hangat-hangat dengan saos asam manis yang menyegarkan. Restoran ini sendiri berada di jalan Kemang Selatan Raya, Jakarta Selatan serta ada juga di Menara BTPN, Kuningan, Jakarta Selatan.

  1. Rumah Makan Marannu

Selanjutnya, rumah makan yang menyajikan kuliner khas Makassar lainnya adalah Rumah Makan Marannu. Makanan andalan ditempat ini adalah Konro Bakar yang dihidangkan dengan saus kacang dan sambal yang super pedas. Selain itu, es pisang ijo nya juga mantap. Pisang yang digunakan sangat manis dan lembut. Tidak heran bila para pecinta kuliner khas Makassar banyak yang bilang, kalau tempat ini salah satu tempat makan yang paling enak di Jakarta. Rumah Makan Maranu tepatnya berada di jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur.

  1. Raja Konro Daeng Naba

Banyak yang mengatakan, bahwa restoran Makassar di Jakarta yang satu ini adalah rajanya Konro. Kalau ingin bukti, Anda harus coba Konro Bakar Lada Hitam di sini yang super lezat. Bumbunya berani, pedasnya nggak kebangetan, dan pastinya rasanya sangat tepat untuk Anda yang gemar makanan pedas. Sop Sumsum Kaledo yang di sajikan disini pun tidak kalah enaknya. Kuah sumsumnya tidak mengecewakan, teksturnya kental, dan lengkap dengan isi hati sapi yang dipotong dadu. Nggak ketinggalan, ada sebongkah tulang sumsum juga yang siap untuk disedot sampai habis. Restoran Raja Konro Daeng Naba bisa Anda temui di jalan Ampera,Cilandak, jalan Cikajang, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan serta jalan Margonda, Depok.

  1. Kedai Pelangi

Dan tempat makan dengan sajian kuliner khas Makassar lezat yang terakhir adalah Kedai Pelangi yang terletak di jalan H. Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat. Selain memiliki menu andalan  Konro, Coto, serta Pisang Ijo, disini Anda juga bisa menemukan beragam hidangan yang mungkin tidak ada di restoran Makassar lainnya di Jakarta. Untuk yang gemar makan nasi goreng, Anda bisa menikmati nasi goreng merah khas Makassar yang porsinya banyak. Isinya juga lengkap, ada telur ceplok, potongan seafood, dan ayam. Bandeng Pallumara di sini juga recommended sekali. Ini adalah hidangan bandeng yang disajikan dengan kuah asam-asam pedas.  Mie Titi nya juga nggak kalah nikmatnya di tempat ini, disajikan dengan kuah kental berisi aneka bakso.(Rul)

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION