3 Manfaat Tepung Tapioka Untuk Lambung

Pentingnya menjaga kondisi kesehatan merupakan salah satu hal yang mulai banyak disadari oleh masyarakat. Menjalani pola hidup sehat kini bukanhanya sekedar slogan dan teori belaka, tetapi juga mulai banyak yang menjalaninya. Ada berbagai macam bentuk dari pola atau gaya hidup sehat yang perlu dilakukan guna menjaga kondisi kesehatan. Diantaranya adalah mengatur pola makan, memilih jenis makanan yang sehat, mengatur pola istirahat, dan berolahraga secara teratur.

Permasalahan kesehatan pada seseorang memang dapat terjadi kapanpun, walau Anda sudah menjalani pola hidup sehat, namun pastinya akan lebih minim. Salah satu bagian yang seringkali mengalami gangguan adalah lambung. Terkait permasalahan yang terjadi pada lambung, tenyata ada bahan yang dapat membantu untuk mengatasinya, yakni tepung tapioka. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat tepung tapioka untuk lambung.

  1. Menjaga Kondisi Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat pertama dari tepung tapioka atau nama lainnya tepung kanji yaitu dapat menjaga kondisi kesehatan saluran pencernaan. Manfaat tepung tapioka untuk pencernaan tersebut tentu akan terkolerasi secara lansung dengan kesehatan lambung, mengingat lambung merupakan salah satu bagian yang termasuk dalam saluran pencernaan manusia. Kesehatan saluran pencernaan yang terjaga akan membantu tubuh selalu memiliki kondisi yang prima dan tidak mudah mengalami permasalahan penyakit.

  1. Membantu Atasi Sakit Maag

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh tepung tapioka yakni mengatasi kondisi penyakit maag yang menjadi salah satu penyakit paling banyak dialami orang. Tepung tapioka yang memiliki sifat merekat pada bagian tertentu, mampu melapisi dan menebalkan dinding lambung sehingga bisa mengatasi kondisi penyakit maag.

  1. Mencegah Terjadinya Luka Pada Dinding Lambung

Luka pada dinding lambung dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari efek penggunaan obat –  obatan tertentu terutama obat golongan non steroid antiinflamation drug atau NSAID dalam jangka panjang, seperti asam mefenamat, piroxicam, natrium diclofenak dan lain sebagainya, infeksi bakteri, dan terkikisnya dinding lambung oleh asam lambung. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya permasalahan yang lebih parah akibat luka pada dinding lambung adalah dengan menggunakan tepung tapioka yang membantu melapisi bagian dinding lambung.

Cara Memanfaatkan Tepung Tapiokan 

Seperti yang sudah diketahui, tepung tapioka merupakan salah satu bahan yang bisa diolah menjadi beraneka ragam olahan makanan. Untuk dapat menjadikan tepung tapioka memiliki manfaat bagi lambung seperti yang dijelaskan diatas, maka harus ada cara penggunaan yang benar. Berikut ini cara menggunakan tepung tapioka agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi lambung, diantaranya :

  • Air Tepung Tapioka

Air tepung tapioka dibuat dengan cara melarutkan sejumlah tepung tapioka dalam air matang yang siap minum. Sebelumg dilarukan, tepung tapioka sebaiknya disangrai terlebih dahulu hingga terlihat menguning. Jumlah tepung yang dimasukan ke dalam air sebanyak 2 sendok makan dengan jumlah air kurang lebih setengah gelas. Air yang digunakan merupakan air panas supaya tepung mudah untuk dilarutkan. Setelah tepung tercampur secara merata, minum pada saat sudah hangat. Agar efeknya dapat dirasakan, maka konsumsi air tepung tapioka tersebut selama satu minggu penuh sehari sekali.

  • Olahan Makanan Tertentu

Disamping dalam bentuk air tepung tapioka, cara lainnya yang juga dapat dilakukan yakni dengan menjadikan tepung tapioka sebagai bahan utama olahan makanan tertentu. Mengkonsumsi makanan olahan dengan bahan dasar tepung tapioka mungkin hanya akan membantu dalam pencegahan, bukan pengobatan dan efeknya pun lebih lambat dibandingkan menggunkan air tepung tapioka.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tepung tapioka untuk lambung yang sangat membantu terutama pada penderita penyakit maag berkepanjangan. Selain bagi lambung, tepung tapioka ternyata juga bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Diantaranya untuk melancarkan peredaran darah karena adanya kandungan zat besi, menguatkan tulang, baik untuk ibu hamil karena kandungan asam folatnya, dan membantu menurunkan tekanan darah secara alami, serta membantu menambah berat badan.(Nan)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION