Indahnya Pantai Kelingking Secret Point Nusa Penida

Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yang secara administratif berada di bawah Kabupaten Klungkung. Panorama alam Nusa Penida sendiri masih murni dan memiliki pemandangan memukau berupa yang pantai tenang berpasir putih, gua kapur, tebing karang hingga formasi karst di tepian laut.  Adapun salah satu objek yang memukau di sini yaitu Kelingking Secret Point Nusa Penida.

Di Kelingking Secret Point terdapat spot yang terkenal untuk diving yakni Manta Point. Di kedalaman bawah laut Manta Point, pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) serta berenang bebas bersama mereka. Berkunjung ke Pantai Kelingking ini di jamin tidak akan membuat siapapun bosan.  Tidak jauh dari Pantai Kelingking, ada pula pantai lain yang disebut dengan nama Pantai Paluang. Di pantai ini terdapat sebuah pura yang oleh masyarakat setempat diberi nama Pura Paluang atau juga ada yang menamainya dengan Pura Mobil.

Lokasi Kelingking Secret Point sendiri terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Pantainya ada di bawah tebing dan tidak terlalu luas. Bukitnya sangat tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah. Jadi memang pengunjung hanya bisa menyaksikan pemandangan Kelingking Secret Point dari atas bukit Karang Dawa. Namun walau begitu, berwisata ke sini akan sangat memuaskan dahaga wisata Anda, karena di Indonesia tidak gampang mencari pemandangan seperti di Kelingking Secret Point.

Untuk Anda yang gemar memotret, baik untuk foto landscape ataupun sekedar berselfie ria, Pantai Kelingking ini menawarkan pamandangan alam yang sangat memukau. Pastinya hasil jepretan Anda bakal mengundang decak kagum orang yang melihatnya. Oleh karenanya, pastikan Anda tidak lupa membawa peralatan memotret ketika berkunjung ke destinasi ini. Terlebih memotret underwater saat berenang bersama ikan manta, sungguh suatu pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Cara Menuju Kelingkin Secret Point Nusa Penida

Karena Nusa Penida adalah pulau yang berada di tengah laut, maka traveler hanya bisa mencapainya dengan alat transportasi laut. Anda Bisa berangkat dari Pantai Sanur atau Padang Bai di bagian timur Pulau Bali. Jika dari Pantai Sanur, bisa naik perahu umum tradisional atau disebut jukung dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam

Sementara bila dari Padang Bai, Anda bisa naik kapal feri dengan waktu tempuh  sekitar 1 jam menuju Nusa Penida. Perjalanan menuju obyek wisata Kelingking Secret Point memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam dari pelabuhan Nusa Penida dan berjarak sekitar 25 km. Sesampainya di Nusa Penida, sebaiknya Anda menyewa motor agar lebih fleksibel mencapai berbagai destinasi wisata yang ada dipulau tersebut.(MYd)

 

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION