Ini 5 Alasan Menyertakan Manusia Dalam Foto Landscape

Seringkali untuk menghasilkan gambar landscape yang baik, seorang fotografer harus menunggu sampai situasi benar benar sepi, atau mungkin datang di saat yang sepi pengunjung. Sebenarnya Anda bisa saja menyertakan manusia sebagai elemen dalam gambar landscape, yang memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Bercerita

Keberadaan obyek manusia di dalam gambar, hal itu bisa memunculkan suatu cerita. Terlebih lagi bila terdapat satu orang dalam frame, akan bisa memperkuat kesan misteri atau kesan petualangan dari sebuah landscape. Viewer akan cenderung bertanya-tanya, apa yang dia lakukan dalam area landscape terserbut. Dan disaat mereka bertanya dalam hati, maka mata mareka akan terus menatap gambar. Ketika seseorang sedang berjalan dengan  memanggul barang dipunggungnya, maka pemirsa tentu akan membayangkan bahwa dia adalah seorang pedagang atau penduduk setempat untuk menghasilkan environmental portrait.

  1. Komposisi

Penempatan seseorang dalam frame mampu memperkuat komposisi. Bisa diarea foreground maupun middle ground. Misalnya, seseorang yang melihat ke area tertentu, maka ia akan menjadi pemandu, dimana viewer akan juga ikut melihat kemana orang dalam gambar tersebut melihat. Penempatan manusia juga mampu memperkuat kesan jauh atau sense of depth saat ditempatkan sebagai foreground. Penempatan dititik yang tepat sesuai rule of third tentu akan mempermanis tampilan gambar Anda.

  1. Skala

Manusia bisa menjadi skala seberapa besar ukuran lokasi suatu bentang alam. Misal manusia didalam gua yang sangat besar, yang akan menggambarkan betapa besar gua tersebut, jika manusia tampak kecil sekali. Tanpa pembanding tentu viewer akan sulit mengira-ngira seberapa besar kondisi landscape yang sesungguhnya.

  1. Drama

Siluet seseorang dibalik sunset atau backlight lain merupakan contoh yang baik untuk menghadirkan kesan dramatis. Bahkan landscape yang sangat sederhana saja bisa menjadi sangat menarik dengan menambahkan elemen manusia sebagai siluet. Memotret pasangan yang sedang bergandeng tangan, akan mampu menghadirkan drama romance pada sebuah gambar.

  1. Titik Focal

Sebuah gambar yang baik akan membutuhkan focal point yang akan memberikan tempat bagi mata pemirsa untuk mendarat dan menahan perhatian mereka. Dengan menambahkan elemen manusia pada foto landscape adalah salah satu triknya. Seringkali landscape didepan mata kita adalah negative space,  dan dengan menambahkan manusia didalamnya, akan terdapat titik focal. Namun tidak hanya terbatas pada manusia saja, karena benda lain bisa digunakan seperti mobil atau bentuk menarik lainnya.

Menjadikan diri sendiri sebagai subjek tentu tidak masalah. Gunakan tripod dan bantuan self timer. Kemudian lihat hasilnya dan bandingkan dengan gambar tanpa elemen manusia. Cermati pula apakah Anda dapat memasukkan elemen lain.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION