5 Cara Mudah Lakukan Relaksasi Seusai Anda Berolahraga

Apa yang Anda rasakan seusai berolahraga? Pastinya tubuh akan banyak mengeluarkan keringat dan jantung berdetak lebih kencang, bukan? Ya, itu merupakan salah satu reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh ketika Anda usai berolahraga. Untuk memulihkan kondisi tubuh seperti semula, Anda perlu melakukan relaksasi tubuh. Lantas bagaimanakah caranya?

Aktivitas fisik seperti olahraga membutuhkan energi dan gerakan sehingga otot maupun persendian akan bekerja keras. Otot membutuhkan darah dan oksigen ekstra sehingga jantung dan paru-paru akan ikut bekerja lebih intens dari biasanya. Begitupun dengan kerja otak, ginjal, kulit, dan sistem pencernaan Anda. Semua aktivitas tersebut patut menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memanjakan tubuh. Caranya yaitu dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Berikut tips relaksasi tubuh yang sehat setelah Anda berolahraga.

  1. Berendam Air Hangat

Nyeri otot dan pegal-pegal menjadi efek rutin usai  berolahraga. Terlebih lagi bila Anda tidak melakukan olahraga secara rutin. Ini normal terjadi karena otot mendapatkan banyak tekanan pada aktivitas tersebut. Dan guna meredakan kondisi untuk memperbaiki dan memulihkan kembali otot, Anda bisa berendam dengan air hangat. Panas dari air akan meresap pada kulit, jaringan dan otot, sehingga cocok untuk relaksasi tubuh. Berendamlah selama kurang lebih 20 menit. Jangan berendam terlalu lama, karena hal itu dapat membuat kulit Anda kering. Pastikan juga banyak minum air putih sebelumnya.

  1. Gosok Tubuh Pakai Scrub

Olahraga bisa membuat tubuh Anda menjadi berkeringat, sehingga kotoran lebih mudah menempel. Oleh karena itu,  tidak ada salahnya sebelum berendam Anda berinisiatif untuk membersihkan tubuh dengan scrub. Disamping menghilangkan kotoran dan keringat, menggosok tubuh menggunakan scrub juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Gosokkan secara perlahan, mulai dari kaki, perut, lengan, ketiak, hingga belakang leher dan punggung. Jadi bukan hanya tubuh Anda saja yang kembali bugar, kulitpun juga menjadi lebih segar.

  1. Foot Spa

Berlari, lompat, jalan kaki, dan olahraga lainnya yang membebani kaki dapat membuatnya menjadi pegal dan juga lecet. Untuk membantu melemaskan otot kaki dan membantu mempercepat luka agar cepat mengering, Anda bisa melakukan foot spa. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menyiapkan air hangat, ember atau wadah air, dan juga garam epsom. Garam ini mengandung campuran elektrolit yang baik untuk jantung, otot, dan saraf. Salah satunya adalah magnesium yang bisa meringankan peradangan dan memulihkan rasa sakit pada otot.

  1. Memakai Foot Cream

Setelah melakukan foot spa, tindakan berikutnya yaitu mengoleskan foot cream pada bagian kaki Anda. Haruskah ini dilakukan? Ya, sebab olahraga bisa memberikan tekanan lebih pada kaki, terutama jika Anda melakukan jalan santai tanpa memakai alas kaki. Krim khusus kaki membantu mencegah kapalan, melembapkan kulit kaki, dan mencegah kulit kaki pecah – pecah. Oleskan krim kaki dan pijat secara perlahan untuk menghilangkan rasa pegal sekaligus.

  1. Nikmati Susu Atau Es Krim Susu

Disamping minuman isotonik, susu atau es krim susu juga bisa menjadi pilihan minuman yang enak dan menyenangkan seusai Anda berolahraga. Apalagi jika ditambahkan dengan buah, rasanya akan lebih nikmat. Susu atau es krim susu mengandung banyak protein dan sedikit karbohidrat yang bisa mengembalikan sel-sel otot yang rusak juga menyediakan energi. Ini bisa mengembalikan kebugaran tubuh, mengembalikan cairan tubuh yang hilang, dan mencegah Anda dari rasa lemas.(Nan)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION