15 Langkah Memotret Landscape Pakai Kamera Handphone

Fotografi Landscape atau Pemandangan Alam,  dapat diartikan sebagai fotografi yang menggambarkan belahan dunia yang begitu luas dan tanpa batas. Pemotretan ini mengacu pada pesona dan keindahan alam. Ada tiga poin utama dalam fotografi landscape yang bisa digunakan untuk berbagi cerita, sesuai dengan pesan apa yang ingin Anda sampaikan agar menjadi lebih dekat lagi dengan penyimak foto. Atau juga bagaimana pesan dalam foto yang ingin Anda tampilkan bisa membangkitkan semangat para penyimak foto. Berikut tiga poin tersebut:

Representasi (Penggambaran Yang Mewakili Foto): Poin ini yang paling penting untuk menciptakan foto landscape sealami mungkin dan lebih nyata, apa yang Anda lihat itulah hasilnya.

Kesan Yang Dihasilkan: Pada foto ini terdapat unsur dalam bentuk imajinatif dan ilusi yang ditawarkan untuk para penyimak foto.

Abstrak (Inti Pada Foto): Dalam jenis foto ini, secara mendasar menggunakan bagian-bagian dalam tampilan untuk menghasilkan suatu desain baru atau lebih, yang hasilnya terlihat tak seperti foto yang sesungguhnya.

Tips Memotret Landscape Gunakan Kamera Ponsel

Pegang Ponsel Secara Benar

Pegang ponsel anda secara horisontal ketika memotret pemandangan yang luas terbentang. Ini dapat mengurangi munculnya bayangan gelap pada foto ketika mengambil gambar landscape dalam modus pemotretan.

Pilih Waktu Yang Tepat

Perhatikanlah waktu yang tepat untuk pemotretan. Saat terbaik untuk pemotretan landscape yaitu waktu terbitnya matahari atau ketika senja. Karena saat itulah cahaya alami tidak begitu silau dan lebih lembut, waktu pemotretan di saat-saat tersebut sering disebut sebagai golden hour dalam istilah fotografi.

Sesuaikan Pengaturan Pada Kamera Handphone Anda

Aturlah pencahayaan kamera ponsel pada kisaran 03 – 05 yang dapat meningkatkan kecerahan warna dan menambah keindahan dalam foto landscape Anda, dan hindarilah cahaya berlebihan. Nyalakan juga focus pada kamera untuk memilih modus jika diponsel terdapat pilihan tersebut.

Gunakan Aplikasi Kamera

Anda dapat membuat kamera ponsel anda melebihi fungsi kamera DSLR dengan menggunakan aplikasi kamera yang tepat. Meskipun kebanyakan kamera ponsel tidak memiliki lensa wide angle atau zoom, namun ada banyak aplikasi yang dapat menggantikan fungsi tersebut. Ada banyak aplikasi kamera yang memungkinkan Anda untuk mengatur kontrol manual.

Tentukan Point of Interest

Pemotretan tidak melulu tentang mengambil gambar yang fantastis, namun fokus pada satu elemen terpenting dalam tampilan gambar dapat membantu menciptakan keindahan yang lebih dalam pada foto Anda. Sebagai contoh, sebuah api unggun pada bagian depan foto Anda dapat menciptakan tampilan yang indah untuk sebuah pemandangan di pegunungan.

Gunakan Manusia Sebagai Elemen Dalam Foto

Penggunaan manusia dalam foto juga membantu untuk menciptakan paham yang benar mengenai skala dan dinamika foto. Untuk pemotretan di tempat yang kurang pencahayaan, Anda dapat menggunakan flashlight untuk menambah additional focus point dalam foto yang hendak diambil.

Gunakan Refleksi/Bayangan Dalam Foto

Anda dapat menambahkan hiasan sebagai pemanis dalam foto dengan memotret refleksi atau bayangan dalam foto landscape. Seperti pada permukaan air, contohya: sungai, danau atau tempat lainnya yang dapat menciptakan refleksi pada subyek foto.

Proses Mengelola Foto

Cobalah untuk tidak menggunakan filter yang dapat menjadikan foto Anda terkesan tidak alami. Tapi aturlah pencahayaan dengan baik, kontras dan keseimbangan cahaya pada aplikasi pengeditan foto.

Gunakan Tripod

Menggunakan tripod sudah secara pasti akan mengurangi munculnya efek blur dan goncangan pada kamera. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk meluangkan waktu lebih guna mengatur fokus pada komposisi pemotretan.

Gunakan Slow Speed

Anda sangat mungkin bisa menggunakan pencahayaan lebih lama alias slow speed untuk fotografi pada smartphone. Cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan seperti Slow Shutter Camera App  yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pencahayaan lebih lama setiap saat, yang cara kerjanya mirip dengan kamera DSLR. Secara khusus baik digunakan untuk pemotretan gambar di air, (seperti: dilaut, air terjun, danau,sungai). Dimana Anda bisa mendapatkan efek blur yang indah dan lebih lembut serta seluruh bagian dari foto juga akan menjadi lebih fokus.

Pilihlah Angle Yang Tepat

Sebagai tambahan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memotret, Anda harus paham bagaimana cara untuk mendapatkan foto dengan hasil terbaik. Sebelum mengambil gambar, perhatikan layar ponsel Anda, posisi manakah yang pas untuk memotret vertikal atau horisontal? Untuk membuat foto menjadi seimbang, Anda bisa memotret secara horisontal. Tempatkan elemen terpenting dalam foto, hal itu dapat membuat foto kelihatan lebih alami dan masih ada ruang yang tersisa.

Bersihkan Lensa Kamera

Ini kedengarannya sepele, tapi membersihkan lensa kamera Anda sebelum memotret dapat menghasilkan foto yang lebih jernih tanpa noda, karena lensa Anda tidak berdebu.

Gunakan Modus HDR (High Dynamic Range)

Modus HDR sangat cocok saat pemotretan dalam situasi cahaya kontras. Seperti pada pemotretan landscape diwaktu langit cerah atau di sekitar pepohonan yang rindang, atau pada tampilan foto yang cahayanya kontras dan berpusat pada subjek.

Perhatikan Elemen Disekitar Anda Sebelum Memotret

Pindahkan barang-barang yang tidak diperlukan dalam foto, seperti: pipa, selang air, mainan, alat pembersih dan segala peralatan yang tak diperlukan untuk dijauhkan dari pemotretan dan pastikan tidak ada orang dalam foto tersebut.

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan, bahwa keindahan alam dan segala isinya merupakan elemen penting dalam menciptakan foto landscape yang menarik dan menakjubkan saat dipandang. Memotret landscape menggunakan kamera ponsel sudah sangat lumrah dilakukan saat ini. Tapi ada banyak tata cara dan langkah yang harus diperhatikan untuk menciptakan hasil foto landscape yang indah.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION