Wisata Keren Sambil Berswafoto Di Umbul Ponggok

Obyek wisata Umbul Ponggok Klaten memang unik dan berbeda dari obyek wisata lainnya. Bagi Anda yang belum tahu, Umbul Ponggok Klaten ini sebenarnya sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam. Namun karena kian hari semakin populer, sekarang ini wisata Umbul Ponggok kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata kekinian dan nyaman. Umbul Ponggok memang bukan kolam renang biasa, karena disini Anda akan merasakan sensasi berenang bersama ikan air tawar beraneka ragam.

Bukan cuma itu saja, selain berenang Andapun bisa melakukan snorkeling atau diving di sini. Snorkelling di tempat ini, bagi sebagian orang  rasanya jauh lebih aman jika dibandingkan di lautan. Disamping tidak ada arus atau ombak, air di Umbul Ponggok sangat segar dan jernih.  Namun belakangan ini, keberadaan Umbul Ponggok Klaten tersebut bukan hanya dikenal sebagai tempat berenang, snorkeling atau diving saja. Kolam renang alami yang berukuran kira-kira 50 x 25 meter dengan kedalaman antara 1,5  hingga  2 meter lebih itu, sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air.

Memang bila dilihat dari kedalamannya, kolam renang ini cocok untuk melakukan kegiatan tersebut. Baik mulai dari fotografi yang professional, atau hanya pengunjung yang ingin sekedar selfie dibawah air bersama aneka ragam ikan air tawar. Untuk berfotoria, Anda tidak perlu khawatir bakalan mati gaya karena spot nya monoton. Sebab, pihak pengelola sudah menyediakan beragam properti yang dapat digunakan seperti sepeda motor, jet sky, sepeda, bangku dan lain sebagainya. Bukan hanya untuk kegiatan foto seru – seruan saja bersama teman ataupun keluarga, bagi Anda yang ingin melakukan foto Pre wedding dilokasi ini juga sangat recommended. Pastinya Anda bakal memiliki foto yang tidak biasa namun keren dibanding foto pre wedding yang pernah ada.

Lokasi Umbul Ponggok sendiri  berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi kolam renang alami ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Apabila Anda datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Umbul Ponggok sendiri buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB.

Tips Panduan Berkunjung Ke Umbul Ponggok Klaten

  • Kecuali Anda ingin menyewa, sebaiknya membawa sendiri kamera untuk berfoto dibawah air. Tapi perlu diingat, foto bawah air umbul di Klaten ini cantiknya luar biasa, jadi sayang kalau sampai dilewatkan.
  • Sore hari antara jam 3 – jam 4 dan pagi hari antara jam 7- jam 8 adalah waktu terbaik untuk mendapatkan moment foto underwater di Umbul Ponggok
  • Bawa perlengkapan lightning sendiri jika berfoto dalam kondisi cuaca dan cahaya yang kurang mendukung. Karena pastinya sayang sekali bila sudah datang tetapi tidak bisa dapat foto underwater yang bagus.
  • Tak perlu keterampilan berenang khusus untuk foto underwater, namun pastikan ada teman yang pandai berenang untuk mendampingi. Terutama untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Selalu sediakan pelampung untuk keadan darurat ketika melakukan foto underwater.
  • Umbul Ponggok Klaten ini sekarang bisa digunakan untuk aktifitas foto prewedding dengan biaya tertentu

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION