Tips Merawat Jaket Kulit Agar Tidak Gampang Rusak

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki jaket kulit, khususnya yang berbahan kulit domba, cukup sulit merawatnya. Sebetulnya hal itu tidaklah betul jika Anda sudah mengetahui cara perawatannya. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk menjaga jaket kulit domba agar tetap terlihat baru dan tidak berjamur.

Untuk merawatnya agar tidak kusut, bisa dilakukan dengan mengoleskan pelembab atau lotion seminggu sekali. Namun apabila jaket tersebut sudah sangat lama dan terlanjur mengkerut, maka lakukan beberapa cara berikut:

  • Oleskan pelembab atau lotion pada permukaan jaket secukupnya, akan lebih baik jika memakai anti jamur khusus untuk jaket kulit.
  • Tempelkan 2-3 kertas HVS pada permukaan yang telah diberi pelembab. Lalu setrika dengan suhu secukupnya dansesuaikan dengan kerutan.
  • Bila kerutan tersebut terlalu parah dan masih susah, maka oleskan air pada permukaannya dengan dilapisi kertas kemudian setrika kembali.
  • Lakukan secara berulang hingga keadaan jaket kembali seperti semula.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, hindari pula menyetrikanya secara lansung tanpa dilapisi kertas, karena hal itu akan membuat jaket kulit menjadi rusak. Sementara untuk penyimpanannya, disarankan untuk disimpan ditempat yang memiliki suhu sedang agar tetap awet dan terjaga.(MYd)

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION