4 Tips Jitu Menjadi Seorang Make-up Art Profesional

Sejak maraknya situs jejaring sosial, berbagai informasi mengenai kecantikan ssangat mudah di temui. Dan hal itu pulalah yang membuat sebagian pria atau wanita menyukai dunia kecantikan. Bahkan, tak jarang dari mereka bercita-cita ingin menjadi make-up artist profesional. Namun, jangan beranggapan menjadi penata rias adalah pekerjaan yang mudah. Jika Anda ingin menjadi sosok profesional juga dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya. Berikut ini ada 4 tips yang bisa di jadikan catatan penting bagi Anda yang hendak menjadi seorang make-up artist professional.

Jujur

Nur Afni, salah seorang make-up professional di Jakarta menyarankan, bila Anda ingin menjadi perias handal dan profesional agar menjadi sosok yang jujur. Berkembangnya teknologi dan media sosial membuat banyak orang terkadang menghalalkan segala cara demi mendapatkan hasil karya yang terlihat ciamik sehingga menarik perhatian orang.

“Ada yang melakukan editan terhadap foto hasil riasan wajah kliennya sehingga hasilnya lebih bagus. Padahal kalo dicermati antara hasil di foto dan aslinya jauh berbeda. Sekarang banyak yang seperti itu, nah kalau bisa jangan, berkarya itu harus jujur. Hasil foto dan asli wajahnya harus sama,” tegas Nur saat ditemui disalah satu studio foto di bilangan Kemanggisan Jakarta Barat.

Tingkah Laku Dan Komitmen

Selain kejujuran, ditambahkan oleh Nur Afni, bahwa tingkah laku juga memegang peranan penting dalam pribadi seorang make-up artist profesional. Nur menyebutkan, agar mereka yang ingin menjadi make-up artist harus bisa berperilaku profesional dan berpegang teguh terhadap komitmen yang sudah dibuatnya dengan klien.  “Attitude itu sangat penting. Misalnya, sudah dari satu bulan lalu si make-up artist di-booked untuk merias pengantin. Lalu, tiba-tiba ada tawaran make-up wedding dari pelanggan lainnya dengan nominal yang lebih besar, nah kita tetap harus professional dengan menepati janji kepada klien yang sudah membooking jasa kita.” jelasnya.

Sekolah Make Up Dan Joint Ke Komunitas

Sedangkan bila Anda merasa ‘awam’ dengan dunia kecantikan, dikesempatan yang sama ia  menyarankan agar sebaiknya yang bersangkutan untuk masuk ke sekolah make-up atau tempat kursus terlebih dahulu. Sekolah memberikan Anda pengenalan serta dasar-dasar dalam merias wajah.  “Sengan hadirnya situs jejaring sosial, sekarang memang banyak kemudahan, orang bisa belajar dari YouTube. Tapi menurut saya, yang terpenting adalah sekolah dulu. Di sekolah, biasanya akan diajarkan mengenai struktur tulang wajah, kondisi kulit, sampai kandungan pada produk make-up. Selain itu jangan sungkan – sungkan untuk bergabung dengan komunitas perias supaya Anda bisa lebih banyak mendapatkan ilmu tentang make-up.” ucap Nur memberi saran.

Keinginan Untuk Terus Belajar

Dan hal yang terakhir tambahnya, untuk menjadi seorang penata rias yang handal serta professional itu harus memiliki keinginan untuk terus belajar. Belajar akan membuat Anda semakin berkembang dan meningkatkan kemampuan yang ada. Sampai saat ini misalnya, Nur mengaku masih terus belajar melalui pengalaman yang didapat serta pada sesama make-up artist profesional.  “Kemajuan teknologi harusnya membuat segala sesuatu harus lebih baik lagi, karena sarana informasinya makin banyak. Jadi, penting sekali bagi kita untuk terus mengasah kemampuan yang ada.” tuturnya.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION