Tips Memilih Sepatu Terbaik Untuk Olahraga Di Gym

Memakai sepatu gym yang salah dapat menghambat performa olahraga dan meningkatkan risiko cedera. Oleh karena itu, Anda harus memilih sepasang sepatu yang tepat untuk berolahraga di gym. Simaklah uraian berikut ini sebelum membeli sepatu agar tidak tertipu rayuan iklan.

  1. Pastikan Ukuran Sepatu Pas

Ukuran sepatu yang kebesaran ataupun kekecilan, tentu saja akan membuat tidak nyaman bergerak. Oleh sebab itu, pilihlah sepatu dengan ukuran yang terasa pas di kaki Anda. Sepatu yang terlalu sempit berisiko menyebabkan bintil lepuhan dan memar di kulit kaki, sedangkan sepatu yang kebesaran berisiko terlepas dan dapat memicu cedera. Akhirnya Anda tidak bisa berolahraga dengan maksimal. Boleh membeli ukuran sedikit lebih besar, tapi jangan terlalu berlebihan.

Sepatu yang baik akan membuat Anda langsung merasa nyaman saat memakainya. Tidak perlu dibiasakan dulu untuk dipakai beberapa kali sampai terasa nyaman. Saat di toko, ini yang perlu Anda lakukan saat mencoba sepatu incaran Anda:

  1. Cobalah sepatu setelah Anda berolahraga atau setelah berlari. Pada saat ini, kaki Anda berada pada ukuran terbesarnya.
  2. Cobalah berjalan atau berlari sejenak dengan sepatu Anda. Rasakan apakah sepatu terasa nyaman ketika digunakan.
  3. Waktu mencoba sepatu, gunakan kaos kaki yang biasa Anda gunakan untuk berolahraga.
  4. Dan Ketika memakai sepatu, Anda seharusnya bisa menggerakkan jari-jari kaki dengan bebas.
  5. Pilih Sepatu Yang Sesuai Dengan Latihan Di Gym

Di gym terdapat berbagai pilihan latihan yang bisa dilakukan sesuai keinginan, atau sesuai saran dari trainer Anda. Lantas, apakah perlu menggunakan sepatu yang berbeda untuk setiap jenis latihan? Ya, setiap jenis latihan yang berbeda berarti membutuhkan jenis sepatu yang berbeda juga.

Hal ini berkaitan dengan jenis gerakan, seperti silang, lurus atau keduanya. Untuk latihan dengan gerakan yang menyilang, disarankan untuk  menggunakan sepatu datar yang memiliki sedikit bantalan. Hal ini berguna untuk mengurangi jumlah gerakan di pergelangan kaki dan sendi lutut. Bukan hanya jenis gerakan, tapi jenis latihan yang dilakukan pun berperan dalam memilih sepatu yang baik untuk olahraga.

  • Angkat Beban

Saat latihan angkat beban, penting bagi Anda memiliki ‘pegangan’ yang kokoh di lantai. Ini memastikan bentuk yang tepat dan sikap Anda memberikan ‘pegangan’ yang aman, terutama penting jika mengangkat beban berat. Jangan memakai sepatu lari berteknologi tinggi, bersol tebal saat latihan angkat beban. Tetapi tetap dengan sepatu bersol datar atau tanpa alas kaki untuk menjaga rutinitas angkat beban Anda aman dan efektif.

  • Kelas Olahraga

Program kelas kardio atau latihan kekuatan, membuat Anda melakukan lompatan dan gerakan konstan serta berulang. Artinya, Anda perlu sepasang sepatu yang fleksibel dan menyediakan banyak bantalan serta dukungan pegangan yang kuat. Anda juga dapat memilih sepatu dengan ruang kaki lebar untuk membuat kaki lebih leluasa bergerak secara optimal di kelas. Carilah cross-trainer minimalis yang memberikan dukungan lengkungan dan pergelangan kaki. Sepatu dengan bentuk seperti ini, cukup ringan untuk mencegah kaki Anda terasa berat atau terlalu panas.

  • Treadmill

Apabila Anda hobi berlari di atas treadmill, gunakan sepatu lari yang fleksibel sehingga kaki dapat menekuk saat melangkah, tapi tetap mampu menahan kaki agar tidak menggelinding ke dalam saat berlari.

  1. Samakan Dengan Kebiasaan Berjalan Anda

Masing-masing orang memiliki gaya berjalan yang berbeda. Ada orang yang berjalan bertumpu di tumit sehingga sol sepatu bagian belakangnya akan lebih cepat aus, ada yang bertumpu pada jari-jari kaki sehingga sol depannyalah yang lebih cepat aus. Atau cara berjalan Anda cukup seimbang sehingga sol yang aus tampak merata di seluruh permukaannya?

Tanpa disadari, gaya berjalan juga dapat membantu menentukan sepatu gym seperti apa yang cocok untuk dikenakan. Jadi, sebaiknya bawa sepatu gym lama Anda ke toko, atau setidaknya bawa beberapa foto sol sepatu tersebut dan tunjukkan ke pramuniaga supaya membantumemilihkan sepatu yang tepat  untuk Anda. Tak ada salahnya juga untuk memberi tahu mereka kalau Anda memiliki telapak kaki rata, karena jenis telapak ini membutuhkan sepatu olahraga yang khusus.

  1. Kembali Ke Sepatu Yang Sama

Apabila sepatu gym lama Anda sudah cocok dan nyaman dipakai, tak ada salahnya untuk kembali membeli model yang sama ketika sudah usang. Bahkan jika perlu, belilah langsung beberapa pasang sekaligus agar Anda tidak harus kerepotan bolak-balik mencarinya di kemudian hari.(Nandar)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION