Rendang Jamur KedaiVege, Rasanya Bagai Daging Asli

Indonesia sangat kaya akan berbagai rupa kuliner khas yang dimiliki oleh masing – masing daerah. Bermacam – macam olahan kuliner berbumbu rempah – rempah dapat dengan mudah dijumpai dimanapun Anda berada, salah satunya adalah rendang. Jika mendengar nama rendang, pikiran Anda pasti langsung tertuju pada salah satu kuliner berbahan dasar daging yang berasal dari Sumatera Barat.

Namun di KedaiVege yang terletak di Palmerah Utara III, Jakarta Barat, terdapat kuliner rendang dengan berbahan dasar jamur. Ya, kedai yang satu ini memang menyediakan berbagai menu makanan bagi Anda yang menyukai masakan vegetarian. Disebutkan oleh Mayaningsih, selaku pengelola kedai tersebut, bahwa pelanggan di rumah makan KedaiVege tidak hanya terbatas orang yang menjalani pola hidup vegetarian saja. Masyarakat umumpun yang bukan vegetarian sangat gemar menyantap berbagai menu masakan khas kedai tersebut.

Sebagaimana lazimnya kedai vegetarian, untuk menu rendang yang disediakan di kedai ini diungkapkan oleh Maya bahwa bahan dasar yang digunakan bukanlah daging. “ Bahan dasarnya itu terbuat dari jamur sitake, yang di ambil bagian kakinya.” terang Maya.

Adapun pengolahan bagian kaki jamur sitake ini sambung Maya, pertama di rebus terlebih dahulu kemudian di cuci dan dibersihkan sebanyak 3 kali bilasan. Hal tersebut dimaksudkan, untuk menghilangkan aroma khas dari jamur sitake. Selanjutnya, jamur yang telah bersih dimasukan kedalam food processor untuk dihaluskan. “ Tapi tidak boleh sampai terlalu halus. Lalu dikasih bumbu seperti garam dan lada. Kemudian setelah itu, jamur yang sudah agak halus itu dicampur tepung sagu dan terigu secukupnya, baru dibentuk kotak – kotak lalu dikukus.” terang wanita yang sudah menjadi vegetarian sejak 20 tahun lalu itu.

Proses selanjutnya ucap Maya, jamur yang sudah dibentuk kotak – kotak tersebut di goreng hingga mengeras dan disatukan dengan bumbu rendang. Langkah berikutnya adalah, digodok sekitar 4 jam agar bumbunya menyerap secara sempurna. Untuk citarasanya sendiri, Anda pasti tidak akan percaya bila rendang vegetarian ala KedaiVege ini betul – betul mirip rendang berbahan daging seperti umumnya saat dimakan. Teksture serat dari jamur sitake yang sudah diolah inipun, terasa sangat mirip dengan daging.

Makanan vegetarian memang terkenal sehat dan menyehatkan. Hal itu disebabkan menu vegetarian lebih banyak bersumber dari produk nabati. Kandungan vitamin serta mineral yang di miliki oleh jamur sitake sangat berguna bagi tubuh. Jamur sitake memiliki kandungan mineral diantaranya adalah kalsium, zat besi, serta sodium. Sedangkan kandungan vitaminnya, ada vitamin C, vitamin B12, asam folat, vitamin A, vitamin D dan juga vitamin E.

Salah satu pelanggan tetap KedaiVege bernama Lerry menuturkan, bahwa sebelumnya ia adalah penderita penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) akut. Namun setelah merubah pola makannya dengan mengkonsumsi makanan ala vegetarian selama 4 tahun lebih, kini kondisinya sudah sangat jauh membaik. “ Dan saya tidak minum obat – obatan kimia sama sekali loh. Saya cuma memakan makanan vegetarian saja, dan sakit GERD saya itu sudah 99 persen tidak pernah kambuh lagi.” Jelasnya.(Rul)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION