Memahami Catch Light Pada Fotografi Portrait

Yang dimaksud dengan Catch light adalah, pantulan sumber cahaya pada mata subjek. Kilauan cahaya tersebut mampu menghasilkan dimensi pada mata, sehingga nampak lebih menarik terutama untuk close up portrait. Catch light sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, tergantung dari bentuk dan ukuran sumber cahaya serta jaraknya dari subjek. Sebagai contoh, umbrella berukuran besar akan menghasilkan catch light lebih besar dibandingkan dengan portable flash yang berukuran kecil. Banyak fotografer yang menghasilkan catchlight berukuran besar dengan cara menempatkan reflektor pada pangkuan subjek atau area dibawah dagu sehingga cahaya yang dihasilkan akan sedikit dibawah garis tengah mata.

Apabila Anda menggunakan lebih dari satu sumber cahaya, bisa jadi akan menghasilkan 2 atau lebih cathlight, dan ini merupakan tugas fotografer untuk memilah mana yang akan digunakan dan mana yang perlu disingkirkan, bisa juga menggunakan software editing seperti adobe photoshop.

Posisi Catchlight

Catch light berasal dari key light dan juga fill light serta berubah ketinggian dan sudut tergantung dari perubahan sudut lensa. Single catch light yang disarankan adalah pada arah jam 10 atau jam 2. Pantulan yang dihasilkan akan sangat menarik sehingga lebih enak dipandang mata. Membuat catchlight bukan hanya dilakukan di dalam ruangan (indoor) saja, karena Anda bisa menggunakan sumber cahaya apapun, baik alami maupun buatan. Indoor portrait bisa menggunakan matahari sebagai catch light atau outdoor portrait bisa menggunakan reflektor sebagai catchlight. Karena matahari menyinari subjek dari sudut tinggi maka catchlight yang dihasilkan akan ada pada bagian atas bola mata.

Eksperimen Dengan Catchlight

Penting untuk bereksperimen dengan catchlight dengan menambah atau memindahkan sumber cahaya dengan posisi berbeda dan ukuran yang berbeda pula untuk melihat perbedaanya. Melihat karya fotografer lain terkait penempatan dan bentuk catch light serta pelukis kenamaan dalam menggunakan cahaya juga sangat bermanfaat sebagai referensi bagi Anda.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION