Ini 8 Keistimewaan Yang Dipunyai Oleh Lensa Kit

Lensa kit mungkin menjadi salah satu lensa yang paling banyak dimiliki orang.  Pasalnya, setiap orang yang baru membeli kamera DSLR, pada umumnya memilih paket pembelian kamera langsung dengan lensa. Nah lensa yang sering dipaketkan bersama dengan kamera itulah yang disebut lensa kit atau lensa bawaan. Bagi Anda yang  baru memiliki kamera dan hanya sekedar untuk jeprat – jepret saja, mungkin tidak masalah dengan keberadaan lensa bawaan kamera tersebut.

Berbeda halnya untuk mereka yang memang hobi fotografi atau yang saat ini ingin lebih mendalami teknik fotografi, tentu akan melengkapi koleksi lensanya selain lensa kit. Namun ada baiknya untuk menahan diri dulu sejenak keinginan membeli lensa baru,. Cobalah memaksimalkan lensa kit yang sudah Anda miliki saat ini. Karena setidakny,a lensa kit memiliki 8 keistimewaan. Berikut adalah keistimewaan lensa kit :

  1. Ringan dan Simple.

Tentu tidak bisa dipungkiri kalau lensa kit itu adalah salah satu lensa yang ringan dan simple. Contoh sederhananya saja, lensa kit yang dimiliki Canon, dengan panjang fokal klasik 18 – 55mm beratnya tidak lebih dari 210 gram dengan ukuran panjang maksimalnya hanya 6 cm. Lensa ini sangat praktis dan tidak akan membebani Anda saat digunakan atau ketika bepergian. Tentu bukan hal yang menyenangkan  jika harus menenteng lensa plus kamera, dengan bobot 1.5kg disaat Anda ingin santai saat berlibur.

  1. Panjang Fokal Lensa Fleksibel

Biasanya lensa kit yang beredar di pasaran memiliki panjang fokal 18 hingga 55 mm. Untuk fotografi harian atau secara umum, panjang fokal seperti itu sudah memadai untuk bisa mengcover keperluan pemotretan. Di panjang fokal 18mm, Anda sudah bisa mendapatkan foto dengan perspektif lebar setara 27mm di kamera full frame. Sehingga, bagi yang memiliki hobi foto landscape atau pemandangan alam itu sudah cukup memadai. Sementara di panjang fokal 55mm sudah cukup untuk memotret orang atau model, mau candid pun bisa asal tidak terlalu jauh.

  1. Memotret Makro Lebih Mudah

Kemampuan foto makro yang dimiliki oleh lensa kit cukup mengagumkan, hal itu karena lensa kit memiliki minimum focus distance yang cukup dekat. Itu artinya, Anda bisa memotret cukup dekat dengan objek yang ingin diambil gambarnya. Sedangkan pada lensa lain, jika terlalu dekat dengan objek yang akan difoto, lensa tersebut biasanya tidak bisa mengunci fokus. Berbeda dengan lensa kit yang tetap bisa mengunci fokus, meski jaraknya cukup dekat dengan objek.

  1. Hasil Foto Tajam

Tidak sedikit yang mengeluhkan kalau hasil foto menggunakan lensa kit tidak cukup tajam. Namun sayangnya, hal itu mereka katakan karena dibandingkan dengan lensa yang jauh lebih mahal, misalnya lensa L series Canon yang harganya berlipat ganda. Setiap lensa pada dasarnya memiliki sweet spot lens atau bukaan paling tajam lensa, dimana lensa akan mereproduksi foto yang tajam pada bukaan tertentu. Dan itu biasanya pada bukaan yang kecil atau dua stop dari bukaan terbesarnya. Sedangkan pada lensa kit, Anda akan bisa mendapatkan foto dengan ketajaman maksimum bila anda menggunakan aperture yang kecil, ditandai dengan nilai f besar, misalnya f/8-f/11, tentu juga harus diimbangi dengan ketersediaan cahaya yang cukup pastinya.

  1. Harga Relatif Murah

Untuk keistimewaan yang ini tentunya tidak membutuhkan penjelasan yang panjang lebar. Karena semua sudah tahu bagaimana harga lensa kit yang sangat terjangkau, bahkan bisa dikatakan gratis kalau kita membeli satu paket dengan kamera baru. Mengapa harga lensa kit bisa begitu terjangkau? Sesuai dengan hukum marketing, untuk menekan harga jual maka selain menekan ongkos produksi, tentu juga harus meningkatkan jumlah produksi. Lensa kit bisa dikatakan sebagai salah satu lensa yang paling banyak diproduksi. Itulah sebabnya ongkos produksi bisa lebih rendah lagi tentunya.

  1. Mudah Untuk Memotret Low key

Dalam memotret Low Key, Anda membutuhkan bukaan lensa yang sangat kecil, supaya cahaya dari background tidak bocor. Prinsip dasar low key adalah membuat foto dengan background yang gelap total atau hitam, bagian yang terang hanya objek atau model yang ingin difoto. Lensa kit memiliki aperture yang bisa dikecilkan sampai nilai f/32. Dengan bukaan sekecil itu Anda bisa dengan mudah mendapatkan foto low key, bandingkan dengan lensa 50mm yang bukaan minimalnya hanya sampai f/16

  1. Ukuran Filter Mudah Didapat dan Murah

Ukuran filter lensa kit umumnya adalah 52mm, bagi Anda yang suka menggunakan foto slow speed dengan filter ND, atau jenis filter lainnya, harga filter berbanding lurus dengan ukuran filter. Semakin besar diameter filter, maka semakin besar juga jumlah uang yang harus Anda keluarkan.

  1. Bokeh

Bokeh dari lensa kit sebenarnya bisa saja Anda dapatkan dengan mengatur jarak antara lensa dan objek yang akan difoto. Gunakan fokal length paling panjang atau di  jarak fokal 55mm, kemudian usahakan kamera dengan objek cukup dekat, sementara jarak objek dengan background cukup jauh. Maka Anda bisa mendapatkan background bokeh sebagaimana yang inginkan.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION