Indahnya Panorama Telaga Biru di Semin Gunung Kidul

Wisata Telaga Biru yang terletak di Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta,  setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut disebabkan keindahan dari obyek wisata ini yang dapat memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas rutin sehari hari. Oleh karena itu, rasanya sangat di sayangkan jika Anda berada di kota Gunung Kidul namun tidak mengunjungi Wisata Telaga Biru ini.

Wisata Telaga Biru yang berada di desa Candirejo dapat disebut sebagai Objek Wisata (Obwis) tiban. Bukit Ngentak sebenarnya kawasan industri batu tempel. Warga menambang bukit yang tingginya sekitar 400 meter dari permukaan laut  untuk diekspor ke berbagai negara. Kolam – kolam bekas galian tersebut menjadi telaga di waktu musim penghujan dengan airnya berwarna biru.

Oleh sebab itulah masyarakat setempat menamainya sebagai Telaga Biru. Jumlah telaga yang dimiliki obyek wisata ini cukup banyak, bisa lebih dari 10 telaga. Pesona alamnya yang luar biasa, serta pemandangan bawah lautnya nan mempesona, menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung. Salah satu ciri khasnya adalah rangkaian empat gugusan pulau yang saling berdekatan. Melihat sekilas fotonya saja, orang pasti akan langsung menduga kalau itu adalah Kepulauan Raja Ampat. Sejumlah kolam bekas tambang di atas bukit kapur tersebut yang menyebabkan tempat ini sekilas mirip dengan gugusan pulau di Raja Ampat.

Kolam yang kemudian disebut Telaga Biru oleh warga sekitar, merupakan bekas galian tambang yang terisi air hujan. Kolam – kolam tersebut biasanya dimanfaatkan para pengunjung sebagai latar belakang saat berfoto ria di tempat ini. Selain pemandangan alam berupa perbukitan dan persawahan yang indah, pengunjung juga bisa menikmati sunrise ataupun sunset di Telaga Biru. Jadi tunggu apalagi, jika dalam waktu dekat ini Anda hendak berlibur, destinasi wisata Telaga Biru ini sangat layak dijadikan tujuan Anda, Dan bagi Anda yang menyukai fotografi, tentunya sangat sayang melewati keindahan sunrise serta sunset di lokasi tersebut.(MYd)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION