Manfaat Lens Hood Yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula

Bagi fotografer professional, tentu sudah mengetahui manfaat lens hood yang merupakan aksesori pelengkap lensa kamera DSLR. Bentuk dan manfaat lens hood pun bermacam-macam, tetapi yang umum ditemui adalah berbentuk bunga tulip atau juga berbentuk bundar. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat lens hood, mari kita simak ulasan di bawah ini!

Manfaat Lens Hood

  1. Untuk Melindungi Lensa

Dalam hal ini, manfaat lens hood dapat melindungi lensa dari bahaya benturan maupun air dan debu. Dengan adanya lens hood yang melingkar pada lensa kamera, tentunya lensa tak akan tersentuh langsung oleh berbagai kotoran dan juga dapat terhindar dari berbagai benturan secara langsung. Bukan itu saja, dengan adanya lens hood tersebut, maka akan meminimalisir potensi kerusakan pada lensa, seperti lensa pecah atau terkena goresan ketika sedang memotret di luar ruangan.

  1. Mencegah Flare

Manfaat lens hood yang satu ini memang cukup vital. Flare merupakan pendaran cahaya yang muncul akibat mekanisme pembentukan citra yang tidak diinginkan. Biasanya flare tersebut terjadi karena adanya pantulan internal maupun bahan atau material lensa yang kurang homogeny. Dengan adanya lens hood yang melingkari optik depan lensa, lens hood dapat mencegah terjadinya flare. Apabila flare tersebut masuk, maka dapat mengganggu foto yang dihasilkannya seperti hilangnya detail foto maupun foto terlihat buram dan berkabut. Dengan demikian, maka ketika memotret khususnya di luar ruangan atau di bawah terik matahari, maka gunakanlah lens hood untuk mengatasi flare itu.

  1. Lebih Kelihatan Professional

Manfaat lens hood yang lainnya memang tidak berpengaruh secara teknik, namun tentu hal ini akan mempengaruhi kepercayaan diri. Pasalnya, orang yang melihat akan berbeda pandangannya dibandingkan Anda tidak menggunakan lens hood. Jika Anda menggunakan lens hood, maka akan terlihat seperti fotografer profesional yang benar-benar paham aktivitas fotografi. Oleh karenanya, jika fotografi Anda anggap sebagai profesi, maka Anda harus menggunakan aksesori yang satu ini untuk menampilkan kesan baik, terutama ketika akan memotret klien.

Meski manfaat lens hood ini cukup banyak, namun lens hood ini juga tak lepas dari kekurangan. Beberapa hal yang menjadi kekurangan dari penggunaan lens hood tersebut antara lain bisa terjadi vignetting maupun dapat menghabiskan ruang. Meski demikian, tentu saja Anda tidak bisa mengesampingkan manfaat lens hood yang bisa cukup berpengaruh pada hasil dan kualitas gambar.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION