Teknik Mengambil Foto Makro Pakai Kamera Handphone

Yang di maksud dengan teknik fotografi makro adalah, teknik pengambilan foto objek berukuran kecil dengan jarak yang sangat dekat. Adapun objek foto makro tersebut bisa berupa benda-benda kecil, tanaman, bunga maupun hewan seperti serangga yang memang ukurannya relatif kecil dibandingkan manusia.

Hasil dari foto makro ini akan memfokuskan objek sehingga background yang dihasilkan akan blur atau dikenal dengan sebutan foto bokeh. Awalnya teknik fotografi makro kebanyakan menggunakan kamera DSLR dengan lensa yang memiliki fitur macro. Akan tetapi, seiring semakin pesatnya perkembangan teknologi, sekarang foto makropun sudah bisa dihasilkan dengan menggunakan kamera smartphone.

Banyak kamera ponsel yang beredar di pasaran sekarang sudah memiliki fitur makro bawaan dari pabrikannya, terutama pada jenis smartphone. Tapi meski begitu, tidak jarang penggunanya belum memanfaatkan fitur makro yang telah di sematkan dalam kamera tersebut.  Dikesempatan ini, akan di uraikan bagaimana cara menghasilkan foto makro dengan kamera smartphone Anda.

  • Tentukan Obyek

Sebelum memulai memotret, pastinya Anda sudah harus menentukan obyek apa yang hendak difoto. Tetapi wajib di ingat, bahwa obyek foto makro itu adalah benda – benda yang berukuran relative kecil, seperti serangga, bunga dan lain – lain.

  • Setting Kamera

Bersihkan terlebih dahulu kaca lensa kamera Anda, sehingga nantinya hasil foto akan terlihat jernih. Kemudian aktifkan Kamera smartphone Anda serta bukalah menu pengaturan kamera, lalu ubahlah fitur mode dari normal menjadi makro. Namun jika di ponsel tersebut ternyata tidak memiliki fitur makro, maka biarkanlah tetap pada posisi nomal mode. Dan untuk menyiasatinya, maka Anda harus menggunakan lensa tambahan, baik lensa khusus untuk ponsel ataupun lensa DSLR yang sudah di modifikasi.

Langkah berikutnya, ganti matering menjadi spot (bintik). Hal ini bertujuan agar cahaya terfokus ke obyek yang hendak di foto saja. Untuk memaksimalkan kualitas foto, pakailah resolusi yang paling tinggi (super fine) yang tersedia di fitur kamera Anda.

  • Teknik Pengambilan Foto

Saat hendak melakukan pengambilan foto, sebaiknya Anda telah memastikan kondisi sekitarnya dalam keadaan yang terang (memiliki cahaya yang cukup). Hal tersebut sangat penting, agar nantinya foto yang di hasilkan tidak gelap. Disamping itu, dengan cahaya yang cukup, bisa meningkatkan kecepatan shutter saat memotret, sehingga meskipun kamera atau obyek sedikit goyang, maka hasil foto tidak akan buram.

Lalu fokuskan kamera pada obyek dengan jarak sedekat mungkin sesuai kemampuan maksimal  yang di miliki kamera smartphone Anda. Dan perlu di ingat, ketika melakukan pengambilan gambar, jangan sampai kamera Anda goyang.

Disarankan untuk menahan nafas saat menekan shutter atau sandarkan siku tangan Anda ke benda yang statis. Selain itu, janganlah memotret dengan menggunakan flash kamera di ponsel Anda.  Selain akan membuat foto menjadi over cahaya, detail dari obyek foto juga akan berkurang. Sedangkan waktu yang terbaik untuk memotret adalah ketika pagi hari dan sore hari.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION