Cara Memotret Foto Close Up Bagi Fotografer Pemula

Memotret close up yaitu teknik memotret dari jarak dekat sehingga lebih fokus dengan objek yang di foto. Jenis foto close up banyak dipakai untuk foto potrait yang objeknya berupa manusia. Dengan menggunakan teknik dan pengaturan yang tepat, foto close up yang Anda hasilkan akan terlihat lebih memiliki karakter.

Untuk bisa menghasilkan foto close up, Anda bisa mengunakan berbagai jenis lensa yang ada. Supaya bisa menghasilkan foto yang bagus, sebaiknya pelajarilah karakter subjek agar nantinya Anda bisa mendapatkan sudut pengambilan foto yang pas.  Salah satu cara memotret close up yaitu dengan menggunakan lensa yang mempunyai focal length panjang. Menggunakan lensa jenis ini akan membuat subjek terkesan dekat dan area background akan terlihat blur serta memberi kesan lembut. Lensa yang digunakan memiliki focal length 200mm dan minimal 85mm. Penggunaan lensa wide justru akan memberi kesan subjek lebih jauh, sehingga sangat tidak disarankan untuk menggunakan lensa wide pada foto portrait.

Adapun cara memotret close up selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari eye level. Cobalah perspektif baru dengan menggunakan angle yang lain agar menghasilkan tipe foto yang berbeda. Gunakan flash dari arah berbeda supaya mendapatkan foto yang berdimensi dan lebih menonjolkan detail pada subjek. Gunakan flash dari arah samping atau belakang subjek. Teknik foto ini akan menghasilkan foto close up yang sangat indah terlebih jika ditambahkan dengan foto landscape pemandangan disekitarnya.

Agar menghasilkan foto yang semakin dramastis, Anda bisa menempatkan cahaya dari belakang obyek yang Anda foto (backlight). Dengan teknik fotografi yang bagus, foto pada keadaan backlight bisa diolah menjadi foto close up yang benilai seni tinggi. Selain itu, jangan lupakan juga teknik framming dan komposisi. Sebagus apapun teknik fotografi yang Anda gunakan, jika komposisi fotonya tidak bagus, maka akan mengurangi keindahan dari hasil foto tersebut.

Tak ada salahnya pula Anda memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya agar bisa menghasilkan foto close up yang cukup terang. Tetapi tentu saja, Anda masih memerlukan lighting tambahan untuk menghasilkan foto close up yang tidak datar. Anda bisa menggunakan lighting tambahan yang diarahkan searah dengan datangnya sinar matahari agar shadow yang dihasilkan semakin pekat dan akan menghasilkan foto close up yang indah.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION