Hasilkan Foto Cantik Dengan Teknik Zoom Blur

Dalam seni fotografi, terdapat teknik memotret zoom blur atau zoom burst untuk mendapatkan hasil foto yang berbeda dari biasanya. Dengan menggunakan kedua teknik tersebut, membuat subyek serasa bergerak. Sebenarnya cara untuk melakukan foto zoom blur ini cukup simple, karena Anda hanya memutar ring pada lensa sambil mengambil exposure. Namun demikian, untuk dapat menghasilkan foto zoom brust yang bagus, tentu seorang fotografer harus menguasai caranya secara benar.

Untuk mendapatkan foto yang bagus dengan kedua teknik ini, selain harus menggunakan lensa zoom, Anda juga sebaiknya memilih background yang memiliki kontras dan variasi warna yang cukup. Selain itu,  perhatikan juga kecepatan gerakan tangan saat mengubah panjang fokus disaat kamera memotret. Anda bisa memotret dengan shutter speed yang lebih rendah dibandingkan biasanya. Umumnya,  rentang yang dapat dijangkau dengan tangan yaitu antara ¼ hingga 1/10 detik, Anda bisa mencoba shutter lebih lambat asal menggunakan tripod. Jangan lupa pula untuk setting kamera di shutter priority (Tv atau S).

Selanjutnya, cara yang harus dilakukan yakni Anda dapat menetapkan sebuah subjek sebagai titik fokus di tengah frame, kemudian zoom sampai full. Anda juga dapat menggunakan manual fokus atau menambahkan back button focusing. Bukan hanya itu, Anda juga dapat membidik di area minim cahaya dengan shutter speed tidak lebih dari 1/30s.

Sebagai awal latihan, Anda dapat menggerakkan ring zoom secara lembut. Disamping itu, Anda juga tidak perlu harus memutar ring sampai habis. Pada latihan atau percobaan berikutnya, Anda bisa mulai menggerakkan ring dengan cepat. Secara singkatnya, cara memotret dengan menggunakan teknik zoom blur atau zoom burst adalah sebagai berikut :

  1. Fokuskan obyek tepat di tengah lalu zoom gambar tersebut sampai dekat
  2. Ketika Anda menekan tombol shoot, putar ring dari zoom ke zoom out atau menjauh
  3. Gunakanlah manual fokus untuk lebih aman terhadap lensa
  4. Pilih shutter speed rendah, misal 1/10s, sedangkan difragmanya dapat Anda sesuaikan
  5. gunakanlah tripod untuk menjaga fokus agar maksimal dan dapat menjaga kestabilan ketika mengambil gambar
  6. Pilihlah background yang memiliki kontras dan banyak warna untuk memperoleh kesan zooming yang menarik.(Rul)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION