Indahnya Pesona Bawah Laut Tanjung Putus, Lampung

Pulau Tanjung Putus merupakan lokasi wisata berupa pulau yang unik dan cantik di Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau ini sangat dekat dengan daratan Sumatera, yakni hanya berjarak dua hingga tiga jam dari pusat kota Bandar Lampung. Pulau Tanjung Putus sendiri mempunyai  keindahan terpendam, baik di atas maupun di bawah permukaan airnya. Suasananya tenang, tidak ada hiruk pikuk kendaraan bermotor

Di pulau Tanjung Putus ada beberapa rumah yang didiami warga. Beberapa di antaranya dijadikan  sebagai homestay untuk wisatawan yang ingin menginap. Sedangkan untuk fasilitas yang lebih nyaman, para wisatwan dapat singgah ke salah satu cottage yang memiliki dermaga apung dan sangat dekat dengan spot snorkeling dan diving.

Selama ini, Kabupaten Pesawaran memang dikenal memilik banyak spot untuk snorkeling dan diving. Semua spot itu tersebar di sekitar pantai dan pulau-pulaunya. Di beberapa tempat, Anda tidak perlu menyeberang ke pulau, cukup parkir di pantai yang tidak jauh dari jalan aspal. Berenang sedikit menjauh dari pantai, dan menemukan spot snorkeling yang cantik. Dan Pulau Tanjung Putus ini merupakan salah satu yang paling direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Spot Snorkeling

 Yang menjadi salah satu daya pikat untuk melakukan snorkeling di Pulau Tanjung Putus yakni spot snorkeling dan divingnya tidak jauh dari bibir pantai. Jika Anda memulai dari pulau, cukup sedikit sedikit berenang saja, maka Anda sudah berada di atas spot cantik. Sementara  bila menggunakan perahu, Anda bisa langsung menceburkan diri di bagian yang agak dalam agar tidak menginjak karang. Spot snorkeling di pulau ini membentang dari Barat Laut hingga ke Barat Daya pulau, sepanjang kurang lebih 300 sampai  500 meter.

Dan asiknya lagi, Anda bisa snorkeling bersama ikan – ikan yang beragam jenisnya di tempat ini. Sedangkan untuk Anda yang hobi fotografi makro bawah laut, pulau Tanjung Putus rasanya wajib dimasukan ke dalam list destinasi yang patut dikunjungi.

Cara Menuju Pulau Tanjung Putus

Untuk mencapai Pulau Tanjung Putus Anda bisa memilih salah satu dari dua opsi. Pertama, parkir kendaraan di dermaga Ketapang, lalu menyewa perahu dan menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam. Adapun keuntungan dari pilihan ini, Anda bisa melakukan hopping island. Mampir di beberapa pulau yang dilewati, seperti pulau Kelagian Besar, Kelagian Kecil, Pahawang Besar, Pahawang Kecil dan Lelangga Besar.

Sementara untuk pilihan kedua, dengan berkendara dari pusat Kota Bandar Lampung melalui Jalan Raya Way Ratay yang melewati TPI Lempasing, Hanura, Pantai Klapa Rapat (Klara). Kemudian memasuki jalan Pematang Awi, lalu masuk ke daerah yang banyak tambaknya. Setelah itu, Anda  bisa minta diantar dengan perahu untuk sedikit menyeberang ke Pulau Tanjung Putus.

Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, kelebihan wisata Hopping Island di Teluk Lampung adalah beberapa pulaunya yang bisa dijangkau dan dinikmati dalam satu hari. Pergi pagi pulang sore sudah sangat memuaskan. Apalagi saat ini sudah banyak sekali trip organizer yang membuat paket  open trip. Tinggal pilih mana yang dirasa cocok dan percaya.(Bet)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION