Mengenal Beragam Jenis Flash Untuk Kamera DSLR

Hampir setiap kamera DSLR selalu dilengkapi dengan built in flash. Namun sayangnya built in flash ini seringkali tidak mampu menghasilkan cahaya yang lembut sesuai keinginan si fotografer. Karena cahaya merupakan elemen utama pada seni fotografi, maka ada baiknya Anda mengenal berbagai macam tipe flash kamera dan fungsinya. Berikut adalah uraian lengkapnya :

  1. Built In Flash

Flash ini merupakan bawaan kamera yang terpasang pada bodi bagian atas. Namun flash ini jarang digunakan oleh para fotografer, khususnya professional, karena gambar yang dihasilkan terlalu tajam dengan bayangan yang sangat kuat sehingga gambar terlihat kaku. Pada kamera DSLR Anda bisa saja mengatur kekuatan cahaya flash menggunakan flash exposure, namun sangat sulit menghasilkan gambar dengan cahaya yang lembut dan tanpa bayangan. Dan sayangnya juga, built in flash tidak dapat digunakan untuk teknik bounce flash, karena flash mengarah lurus langsung ke subjek.

  1. Lampu Kilat Khusus (Dedicated Flash)

Lampu kilat khusus adalah lampu kilat tambahan yang terpasang pada hot shoe (selot flash dibagian atas bodi kamera) merupakan flash yang dapat berkomunikasi dengan kamera. Sistem kerjanya adalah menggunakan informasi tentang Focal length lensa, ISO, bukaan aperture dan kecepatan shutter untuk menghasilkan cahaya yang sesuai. Lampu kilat jenis ini paling banyak digunakan oleh fotografer karena kemampuanya yang sangat fleksibel bila dibandingkan built in flash.

Adapun beberapa kemampuannya yakni dapat menghilangkan efek red eye, fill in flash yang lebih sempurna dan memberikan cahaya yang lebih lembut dengan cara memantulkannya ataupun menggunakan diffuser. Anda bisa membeli flash dilengkapi dengan kabel yang dapat memberikan fleksibilias lebih, karena dapat dilepas dan diatur posisinya.

  1. Ringlight Flash

Ringlight flash merupakan flash yang terpasang pada lensa bagian luar dan memiliki kemampuan spesifik yakni menghasilkan cahaya (menyebar) yang lembut serta sangat cocok untuk fotografi macro. Selain terpasang pada lensa, saat ini juga ditawarkan Ringlight yang terpasang pada hot shoe kamera. Ringlight flash memberikan pencahayaan yang baik sehingga Anda bisa sedekat mungkin dengan subjek dan tidak akan memberikan cahaya yang tajam. Disamping cahaya lembut, flash ini juga mampu menampilkan detail dari subjek dan sangat ideal untuk memotret bunga, serangga dan benda-benda kecil lainnya.

  1. Hammer Flash

Hammerhead Flash adalah flash yang terpisah dan tidak terpasang pada hot shoe, melainkan terpasang pada sekrup untuk tripod pada bagian bawah kamera. Flash ini sangat populer untuk wedding fotografi dan pers karena memiliki output dengan intensitas cahaya yang tinggi. Flash ini berbentuk seperti palu dan mampu memberikan pencahayaan dengan sudut yang fleksibel dan pegangan tangan yang nyaman.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION