Eksotisme Air Terjun Cantik Curug Dengdeng Tasikmalaya

Salah satu wilayah di pulau Jawa ini memiliki satu kabupaten dengan julukan Delhi Van Java. Ya, mana lagi kalau bukan Kabupaten Tasikmalaya. Kabupaten yang legendaris ini dikenal memiliki sejumlah  objek wisata yang wajib Anda kunjungi. disamping lokasinya yang berada di pesisir dengan Pantai Cipatujahnya, Tasikmalaya juga menyuguhkan pemandangan perbukitan yang memesona. Anugerah keindahan alam tersebut berupa curug atau air terjun. Ada beberapa wisata curug yang dimiliki oleh kabupaten ini, salah satunya adalah Curug Sawer Mandalamekar. Sesuai dengan namanya, Tasik yang berarti danau, Kabupaten Tasikmalaya ini kaya akan wisata danau, salah satunya adalah Situ Gede.

Sementara kalau kita berbicara kembali mengenai air terjun, Tasikmalaya mempunyai satu wisata curug yang unik dan sangat memukau, yakni Curug Dengdeng. Menurut cerita, kata dengdeng bermula dari kata bedengan. Curug ini memiliki bentuk berundak seperti persawahan, sehingga disebutlah kata bedengan yang hingga sekarang menjadi kata dengdeng. Namun ada juga yang mengartikan kata dengdeng dengan istilah tidak rata. Sama saja sebenarnya, tidak rata di sini merupakan arti dari bentuk air terjun yang mempunyai beberapa tingkatan.

Selain penamaannya yang menarik, curug Dendeng juga mempunyai sejarah yang amat terkenal di kalangan masyarakat setempat. Menurut kisahnya, zaman dahulu Curug Dengdeng digunakan sebagai tempat pertarungan dua orang sakti mandraguna bernama Pangeran Jaya Nalangsa dan Pangeran Jaya Laksana. Pertarungan tersebut dilakukan sebagai pembuktian besarnya kekuatan kanuragan masing-masing. Pangeran yang menang akan menetap berdiri di puncak air terjun, sementara pangeran yang kalah akan terjatuh ke dalam dasar air terjun.

Lokasi Curug Dengdeng Tasikmalaya

Letak Curug Dengdeng ini sendiri apabila dilihat dari peta berada di Desa Tawang. Maka benar saja jika Curug Dengdeng ini banyak disebut dengan Curug Dengdeng Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Akan tetapi, ada pula yang menyebutnya dengan Curug Dengdeng Cipatujah. Hal itu berkaitan dengan rute menuju lokasi wisata yang harus melewati daerah Cipatujah, sehingga Curug Dengdeng juga disebut demikian. Namun jika dilihat lebih luas, curug ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya.

Keindahan Curug Dengdeng Tasikmalaya

Saat Anda berada dilokasi, dari kejauhan Anda akan dibuat kagum dengan pemandangan air terjun yang tidak biasa. Curug Dengdeng Tasikmalaya ini memiliki 3 tingkatan. Tingkatan tersebut memiliki ketinggian yang berbeda. Tingkat paling atas mempunyai ketinggian 9 meter, kemudian tingkat tengah tingginya 11 meter dan tingkat paling bawah mempunyai ketinggian melebihi dua air terjun di atasnya yakni 13 meter. Air yang tercurah dari Curug Dengdeng ini langsung mengalir menuju Sungai Cikembang.

Namun untuk dapat menikmati keindahan panorama curug Dendeng tersebutm Anda harus pandai-pandai mencari waktu yang tepat untuk berkunjung, yakni di musim kemarau. Hal itu dimaksudkan,  agar perjalanan Anda tidak terhambat dengan jalanan berlumpur dan licin. Selain itu, apabila Anda datang pada musim penghujan, hal yang paling ditakutkan adalah datangnya banjir secara tiba-tiba. Kondisi air terjun yang lebar serta debit air yang cukup besar, membuat Anda harus mempunyai kehati-hatian ekstra. Gunakan alas kaki yang pas untuk berwisata ke curug ini, serta bawalah bekal yang cukup terutama air minum. Perjalanan yang penuh dengan tantangan, pastinya akan  membutuhkan banyak energi.

Nah, bagi Anda yang memiliki hobi fotografi atau sekedar senang berfoto ria, Anda bisa mengambil banyak spot foto menarik di Curug Dengdeng ini. Keadaan curug dan sekitar lokasi yang masih alami, membuat tempat wisata  ini terlihat asri dan akan membuat Anda benar-benar menyatu dengan alam. Cukup banyak fotografer dari berbagai daerah menjadikan lokasi ini sebagai tempat hunting favoritnya. Baik untuk memotret landscape atau juga memotret model dengan latar belakang curug yang cantik mempesona.(Myd)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION