Penting Berfikir Sebelum Anda Mengambil Gambar

Tidak berbeda halnya dengan melukis di media kertas, fotografi juga memerlukan suatu imajenasi. Anda boleh saja melakukan sketsa sebelum melukis, namun bagaimana sketsa dalam fotografi? Tanpa perencanaan,  foto yang Anda ambil akan berakhir pada kekacauan, dan pastinya ada banyak hal yang perlu difikirkan sebelum memutuskan untuk mengambil gambar. Anda perlu memikirkan aspek desain, menentukan material, dan mengeluarkan hal yang tidak perlu dari frame. Anda tidak bisa mengarahkan langsung ke subjek secara membabi buta dan berharap mendapatkan satu atau dua gambar yang menarik.

Anda juga perlu berfikir sejenak, misalnya untuk menentukan tema dan cerita apa yang akan diungkapkan, karena setiap gambar memiliki tugas untuk bercerita. Jadi semakin sederhana cerita tersebut, maka akan semakin mudah dicerna oleh pemirsa. Namun yang menjadi masalah utama adalah Anda tidak memiliki waktu dalam berfikir atau mempersiapkan segala sesuatunya karena momen berlangsung sangat singkat, dan seketika itu juga Anda harus memutuskan untuk mengambil gambar. Lain dengan fotografi landscape karena objek tidak berubah, Anda hanya perlu menunggu pencahayaan dan moment yang sesuai.

Tidak Mengambil Gambar

Orang bijak menyebutkan, bahwa seorang fotografer handal tahu kapan dia tidak perlu mengambil gambar. Anda juga mungkin akan melihat melalui viewfinder dan tahu jika terdapat sesuatu yang salah. Bila Anda mampu menyadarinya, maka Anda sudah sampai pada setengah jalan menghasilkan gambar yang menarik, sisanya adalah berfikir bagaimana memperbaikinya. Hal ini bukan berarti hanya sedikit mengambil gambar namun lebih kepada penghematan waktu dan lebih selektif.

Identifikasikan Subjek

Dalam merekam gambar, sebaiknya Anda perlu melibatkan emosi. Sebab tanpa itu, mustahil menghasilkan gambar yang baik. Bayangkan ketika Anda berada di sebuah bukit dengan hembusan angin yang sejuk dan sentuhan sinar matahari diwajah, disertai dengan kicau burung di kejauhan. Anda harus berusaha menghadirkan atmosfer dari lokasi tersebut ke dalam suatu gambar dan beberapa aspek diatas dapat terekam dalam bingkai yang menarik.

Apa Yang Ingin DiTonjolkan

Jika Anda mendapatkan objek yang menarik, baik itu bentuk maupun garis, maka fikirkan hal mengganggu yang perlu dihilangkan serta cara mengoptimalkan objek tersebut.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION