Kiat Memilih Jaket Wanita Sesuai Bentuk Tubuh

Memilih pakaian kerap jadi perkara yang memusingkan khususnya bagi kaum wanita, meliputi baju dress, kaos, celana, rok, hingga jaket. Banyak hal jadi pertimbangan sebelum membeli, salah satunya seperti memilih jaket wanita yang sesuai dengan bentuk tubuhnya. Terkadang ketika sudah nyaman menggunakan jaket, ternyata tidak serasi dengan keseluruhan penampilannya, mulai dari ukurannya yang  kebesaran atau warnanya tidak serasi. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips yang dapat dipelajari sebelum membeli jaket. untuk lebih jelasnya, simaklah ulasannya dibawah ini.

Bentuk Tubuh Berlekuk Jam Pasir

Untuk wanita yang memiliki lekuk tubuh berbentuk jam pasir, maka menggunakan jaket yang sesuai bentuk tubuh lebih direkomendasikan. Hal ini bertujuan untuk menonjolkan lekuk tubuh terutama penegasan pada garis pinggang Anda. Pemilihan jaket yang panjangnya melewati pinggul akan lebih baik. Namun, hindari untuk memilih jaket yang terlampau ketat dan memiliki kancing hingga leher. Anda bisa membeli jaket atau mantel yang memiliki sabuk atau ikat pinggang untuk mempermanis keseluruhan penampilan. Selain itu dapat pula ditambah dengan jaket tipe single breasted dimana terdapat kancing di bawah garis dada.

Bentuk Tubuh Berlekuk Buah Pir

Wanita dengan bentuk tubuh buah pir memiliki bagian yang lebar di pinggul dan paha. Oleh sebab itu, jaket dengan detail hiasan di bagian kerah atau atas terlihat lebih serasi untuk menyeimbangkan lekukan tubuh. Anda juga bisa menggunakan jaket yang memiliki kantung di bagian dada.

Bentuk Tubuh Lurus atau Segi Empat

Hal yang penting bagi wanita dengan tubuh berbentuk lurus atau segi empat adalah menciptakan ilusi lekukan di beberapa bagian dengan jaketnya. Anda direkomendasikan menggunakan jaket berikat pinggang atau type peplum yang memiliki kerutan pada sisi tengah. Pemilihan tipe jaket ini membantu untuk membuat sisi bawah agak menggembung, sehingga dapat tercipta lekukan pada bagian pinggang dan kesan siluet jam pasir. Anda sangat disarankan untuk menghindari jaket berstruktur kaku seperti berbentuk kotak. Tetapi Anda bisa melakukan eksperimen lain seperti jaket yang memiliki kancing besar, kantung, atau hiasan lain di bagian bahu.

Bentuk Tubuh Apel Dengan Pundak Kecil

Bagi wanita yang memiliki pundak kecil, sebaiknya menghindari jaket dengan potongan lengan yang mengalami penurunan atau jahitan selesai sebelum tepi pundak, atau jaket dengan model pundak jatuh. Direkomendasikan untuk memilih jaket dengan ujung pas pada pundak atau dengan pundak lebar,  sehingga memberikan ilusi pundak jadi lebih lebar tanpa membuatnya terlihat kebesaran. Untuk menutupi bagian pinggang yang besar, Anda dapat menggunakan jaket wanita yang panjangnya melewati pinggul dengan hiasan di bagian dada ke atas.

Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik dengan Pundak Besar

Jaket panjang dengan garis keliman sebatas pinggang sangat cocok untuk menonjolkan lekukan di bagian pinggul Anda yang tidak terlalu besar. Jaket berbahan lembut seperti jaket kimono dan juga sesedikit mungkin hiasan di bagian dada ke atas akan mempercantik figur tubuh untuk menyamarkan pundak yang besar. Anda bisa menggunakan jaket dengan leher V, kerah syal, daun kerah depan kecil, single breased, atau jaket dengan kantong di bagian bawah untuk menyeimbangkan bagian atas yang besar.(MYd)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION