Trik Untuk Mendapatkan Foto Langit Yang Dramatis

Gambar langit yang menarik akan membuat banyak perbedaan, khususnya dalam foto landscape. Langit berawan memang sangat indah bila dipandang mata, namun lain halnya dengan “mata kamera”, langit yang biru dihari cerah akan menghasilkan gambar dramatis, lain halnya dengan suasana terik atau mendung. Uraian berikut ini akan membantu Anda tentang bagaimana mendapatkan gambar langit yang lebih dramatis :

  1. Gunakan Filter Polarize (CPL)

Filter polarisasi mampu mengurangi silau akibat sinar matahari. Garis – garis awan akan tampak lebih jelas, namun Anda akan melihat gambar terlihat sedikit gelap, Itu karena filter polarisasi mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke kamera Anda. Apabila menggunakan filter CPL, usahakan agar matahari berada pada sebelah kiri atau kanan dari posisi Anda memotret, jangan di depan atau belakang Anda karena tidak akan efektif.

Anda juga perlu menyadari, bahwa filter polarisasi akan memiliki efek pada segala sesuatu di bawah cakrawala. Secara umum, seluruh gambar akan menjadi lebih gelap. Ini bisa menjadi hal yang baik atau buruk, tergantung pada apa yang Anda inginkan. Filter ini sangat baik digunakan untuk memotret danau yang tenang yang mampu memantulkan pemandangan langit atau suasana disekitarnya.

  1. Percepat Shutter Speed ​

Kesalahan umum dari kebanyakan fotografer, terutama pemula adalah secara tidak sengaja overexpose awan. Naikkan kecepatan rana beberapa stop. Ini akan membuat awan terlihat lebih bertekstur. Hal ini akan sangat efektif untuk mereduksi warna putih akibat over exposure pada awan, dan Anda akan melihat garis awan yang lebih kuat. Mempercepat shutter speed akan membuat cahaya masuk lebih sedikit, dan dibutuhkan pengaturan ISO serta aperture untuk mengimbanginya. Dalam banyak kasus,  para fotografer juga senang menggunakan shutter speed lambat untuk memperkuat kesan pergerakan pada awan. Dalam hal ini penggunaan filter ND(Neutral Density) atau filter Polarizer(CPL) sangat bermanfaat untuk mencegah over eksposure.

  1. Abadikan Garis Cakrawala

Garis cakrawala merupakan garis horizontal yang membatasi bumi dan langit. Pada kebanyakan fotografi landscape, garis ini sangat bermanfaat mendramatisir gambar.

  1. Cari Berbagai Bentuk Awan

Dilangit terdapat berbagai bentuk dan warna awan. Hal yang perlu untuk Anda ketahui yaitu, berbagai bentuk awan memiliki karakter masing-masing dan mampu memperkuat maksud dari gambar yang Anda buat. Misalnya, awan berwarna putih bulat-bulat mengekspresikan kebahagiaan, awan berwarna gelap kehitaman mengekspresikan misteri dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Awan Dalam Post Processing

Langit kadangkala memiliki pemandangan yang datar, sehingga gambar yang dihasilkan kurang maksimal. Dalam proses editing, Anda juga bisa menambahkan awan sehingga secara visual akan lebih menarik.(Rul)

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION