Mengenal 10 Macam Tema Dalam Fotografi

lensa, dan kamera. Fotografi sendiri berasal dari dua kata, yakni foto dan grafi. Foto berarti cahaya dan grafis artinya menulis. Sehingga fotografi dapat didefinisikan sebagai menulis dengan bantuan cahaya atau melukis dengan bantuan cahaya, atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya. Dan berikut ini merupakan macam-macam tema dalam fotografi :

  • Fotografi Jurnalistik

Fotografi jurnalistik merupakan jenis tema fotografi yang mengutamakan fakta atau kebenaran dalam suatu peristiwa tanpa sentuhan editing guna memperindah hasilnya. Fotografi jurnalistik ini biasanya digunakan oleh para pewarta foto untuk menambah nilai faktual terhadap suatu peristiwa yang sedang berlangsung,  dan fotografi dengan tema ini dibuat tanpa rekayasa. Fotografi jurnalistik sering dilihat dalam koran, majalah, maupun berita online lainnya.

  • Fotografi Mikro

Fotografi mikro merupakan salah satu jenis tema yang mengangkat objek foto sangat kecil, sehingga membutuhkan kamera dengan lensa khusus untuk dapat mengambil gambar objek tersebut. Fotografi mikro dapat Anda lihat pada saat penelitian – penelitian ilmiah seperti penelitian bidang astronomi, biologi, kedokteran, dan lain sebagainya.

  • Fotografi Makro

Bila fotografi mikro dikaitkan dengan objek yang sangat kecil seperti sel dan mikroorganisme lainnya,  maka fotografi makro menitikberatkan objek fotografi berupa benda-benda kecil dan hewan-hewan kecil. Misalnya saja butiran embun, serangga kecil seperti semut, lebah, tawon, dan yang lainnya. Tema fotografi ini juga membutuhkan lensa khusus yaitu lensa makro. Genre fotografi ini berfungsi untuk melihat secara detail suatu objek. Fotografi makro ini sering dilihat dalam majalah khusus dunia hewan.

  • Fotografi Portrait

Fotografi bertemakan portrait ini merupakan tema fotografi yang berhubungan dengan ekspresi wajah manusia. Ekspresi wajah yang ditampilkan dalam karya ini lebih terkesan natural, karena umumnya dilakukan secara tidak sadar, sehingga ekspresi yang dihasilkan sangat menarik. Fotografi portrait biasanya menunjukkan beberapa ekspresi seperti senang, sedih, gelisah marah, ataupun ekspresi lainnya.

  • Fotografi Landscape

Fotografi landscape atau pemandangan merupakan fotografi yang objeknya berhubungan dengan alam atau pemandangan indah dan menarik, seperti suasana pedesaaan, pegunungan, hutan, pantai, dan pemandangan indah lainnya. Tema ini sangat banyak diminati oleh banyak orang dengan tujuan untuk mengeksplorasi keindahan alam yang tersebar diberbagai penjuru dunia.

  • Fotografi Fashion

Fashion merupakan suatu gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari manusia, terlebih bagi para wanita. Oleh karena itu, fotografi dengan tema fashion banyak diminati di lingkungan metropolitan. Tujuan utama fotografi fashion biasanya untuk menjual berbagai produk fashion atau sebagai sarana pemasaran suatu produk. Fotografi fashion ini juga mengandalkan berbagai editing untuk menciptakan hasil yang indah dan menarik minat para konsumen. Fotografi fashion tersebut  objeknya adalah seorang model dengan suatu produk yang akan dipasarkan.

  • Fotografi Street

Fotografi street atau fotografi jalanan merupakan tema fotografi yang biasa dilakukan di ruang publik atau ruang terbuka. Objek fotografi ini merupakan lingkungan yang ada di sekitarnya seperti orang yang sedang berjalan, hiruk-pikuk kendaraan, keramaian orang, bahkan kemacetan kendaraan dan lainnya. Teknik pengambilan gambar dalam fotografi street adalah keterampilan dalam membaca keadaan atau situasi, karena fotografi ini dilakukan dengan teknik pengambilan gambar candid atau secara alami.

  • Fotografi Human Interest

Fotografi human interest adalah tema fotografi dimana objeknya manusia yang memiliki cerita kehidupan. Fotografi human interest ini bertujuan untuk menarik simpati orang-orang pada saat foto tersebut dipamerkan. Fotografi dengan tema ini biasanya berbentuk dalam beberapa rangkaian foto yang menjadi alur cerita kehidupan objek tersebut.

  • Fotografi Night Shoot

Jakarta tidak pernah tidur. Kalimat tersebut cocok untuk fotografi night shoot dimana tema fotografi ini menampilkan keindahan suasana suatu kota pada malam hari. Lokasi yang menjadi tema fotografi ini biasanya kota-kota besar yang selalu ramai pada malam hari. Contohnya seperti lampu-lampu kendaraan pada saat macet di jalanan ibukota, bisa menjadi nilai artistik dengan teknik pengambilan gambar tertentu. Fotografi night shoot lebih banyak memanfaatkan cahaya atau lampu-lampu sebagai objeknya.

  • Fotografi Panning

Panning tidak hanya digunakan sebagai tema dalam dunia fotografi. Panning juga merupakan teknik pengambilan gambar dalam fotografi. Tema fotografi panning ini memfokuskan objek yang bergerak dengan cara mengikuti kemana arah objek tersebut akan pergi. Fotografi panning akan menghasilkan objek yang fokus dan jelas, sedangkan situasi di sekeliling objek terlihat blur. Objek pada foto ini biasanya menggunakan orang yang sedang mengendarai motor, sepeda, mobil, maupun orang yang sedang berlari kencang.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION