Berkembangnya Fotografi Indonesia Dipengaruhi Banyak Faktor

Dunia seni fotografi di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan yang pesat. Bukan hanya di Jakarta, tetapi hampir diseluruh provinsi Indonesia juga peminat seni fotografi terus mengalami peningkatan yang signifikan. Selain faktor hobi, adanya situs jejaring sosial seberti facebook dan instagram juga turut menjadi pemicu tumbuh kembangnya penggemar dunia fotografi.

Kondisi tersebut juga di akui oleh Andrianus Santoso, General Manager DOSS. “ Dunia fotografi sekarang ini sudah sedemikian besar dan berkembang dengan berbagai genre yang ada. Hal itu juga disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena Indonesia memiliki banyak tempat – tempat hunting yang sangat indah, terutama untuk fotografi landscape dan model.” tuturnya.

Disamping itu sambung Andrianus, dengan makin seringnya principal – principal alat fotografi mengadakan workshop fotografi secara gratis, juga ikut berperan serta dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap seni fotografi. “ Jadi ketika orang membeli kamera, mereka diajarkan mengenai fitur – fitur dari kamera tersebut. jadi pembeli bisa mengikuti workshop untuk kelas basic yang diselenggarakan oleh para principal.” terang Andrianus saat ditemui di kawasan Cideng Timur, Jakarta Pusat.

Sementara saat disinggung mengenai peran jejaring sosial, iapun mengakui bila hal itu berdampak sangat signifikan terhadap perkembangan dunia fotografi di Indonesia. Sebab dengan hadirnya situs jejaring sosial, para fotografer dapat memposting foto hasil jepretannya disitu dan dapat dilihat secara luas ke penjuru dunia.

“ Kami juga memanfaatkan situs jejaring sosial seperti instagram, facebook dan youtube. Sebab biasanya konsumen sebelum membeli suatu produk akan mencari tahu terlebih dulu lewat jejaring sosial. Jadi besar sekali perannya dalam hal mengembangkan dunia fotografi Indonesia.” ucap Andrianus seraya berharap, agar dengan makin berkembangnya teknologi maka makin berkembang pula dunia fotografi Indonesia.(Rul)

 

 

 

 

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION