Menanti Eksotismenya Sang Mentari Di Segitiga Ranu

Obyek wisata Ranu atau danau ini merupakan satu kawasan danau segitiga. Disebut segitiga, karena terdapat 3 kawasan danau yang saling berdekatan yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan juga Ranu Pakis. Tiga danau dengan kemegahan matahari terbit merupakan kawasan wisata menarik yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Sensasi matahari terbit yang luar biasa akan tampak disaat langit yang tadinya gelap menjadi terang oleh paduan warna biru, merah, kuning keemasan menjadi satu menerangi Ranu Klakah berlatarkan Gunung Lamongan.

Bagi para traveler yang memiliki hoby fotografi, tempat wisata ini nisa menjadi loikasi favorit dalam berburu foto. Saat matahari terbit, siluet para nelayan yang tengah mencari ikanpun kian terlihat terbias di permukaan danau. Sinar mentari yang membuat pola garis terpotong oleh rimbunnya pephonan, juga menjadi landscape yang mampu menghanyutkan hati. Ranu Klakah dan berbagai aktifitas manusia yang ada di sekitarnya, mampu membuat mata para wisatawan seakan enggan berhenti menatapnya. Manuver burung-burung seakan mengelilingi di atas rakit tradisional para nelayan menjadi interaksi luar biasa untuk diabadikan.

Ditempat wisata ini Anda juga bisa menikmati berbagai sarana wisata seperti, speedboat, kano, jet sky, perahu angsa, rakit bambu tradisional, serta terdapat pula area pemancingan. Dan anda pun dapat mecicipi santap pagi di warung-warung sepanjang bibir danau yang menjajakan berbagai macam menu ikan yang diolah sesuai pilihan anda.

Usai mencicipi santap pagi, cobalah berkunjung ke Ranu Pakis, yang letaknya tidak jauh dari Ranu Klakah hanya berjarang sekitar 1 km saja. Landscape yang hampir sama dengan Ranu Klakah bisa Anda temui disini. Ada bagan-bagan apung tempat budidaya ikan air tawar dan Anda bisa berinteraksi dengan para nelayan secara dekat disini serta bisa mengabadikan kehidupan mereka dalam frame foto.

Sedangkan apabila ingin melihat ranu dari ketinggian, Anda bisa mampir di Ranu Bedali, yang jaraknya juga tak jauh dari Ranu Klakah sekitar 5 km. Objek wisata Ranu Bedali yang berada di ketinggian 700 meter dari permukaan laut dengan luas sekitar 25 hektar, akan indah jika anda nikmati di pagi hari. Danau dengan air berwarna hijau bila dilihat dari ketinggian ini, akan terasa lebih syahdu jika dilihat sambil bersantai di pendopo-pendopo kecil yang tersedia disini.

Ketiga danau tersebut sama-sama terletak di Kecamatan Klakah, sekitar 20 hingga 25 km di sebelah utara kota Lumajang dengan menempuh perjalanan selama 40 menit. Untuk mencapai lokasi wisata, dari terminal bus Surabaya atau Malang Anda bisa menggunakan kendaraan umum ke terminal Wonorejo. Setelah itu, kembali naik angkutan umum ke  terminal Klakah  dan menuju objek wisata yang ingin dituju. Sedangkan bagi Anda yang berlokasi di Jember, untuk menuju ke lokasi wisata bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal bus Jember atau Banyuwangi. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke terminal Wonorejo lalu ke terminal Klakah  dan menuju objek wisata yang dituju.(Nandar)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION