Sebastiao Salgado, Fotografer Dokumentasi Asal Brazil

Sebastião Ribeiro Salgado merupakan seorang fotografer asal Brasil dengan spesialisasi foto jurnalistik dan foto dokumentasi. Sebastião lahir pada 8 Februari 1944 di Aimorés, provinsi Minas Gerais, Brasil. Ketika kuliah, ia mempelajari bidang ekonomi dan mendapat gelar Master dari Universitas of São Paulo di Brasil. Kemudian pada tahun 1971 dia mulai bekerja sebagai ekonomis di Organisasi Kopi Internasional di London. Dalam pekerjaan tersebut, Sebastiao sering ditugaskan ke Afrika dalam misi Bank Dunia. Dalam kesempatan itulah di mana dia mulai menekuni dunia fotografi.

Karier Fotografi

Di tahun 1973, akhirnya Sebastiao memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan pindah ke Paris untuk menjadi seorang fotografer. Awalnya lebih banyak bergelut dengan tugas jurnalistik berita baru kemudian menjurus kearah foto-dokumentasi. Pada masa tersebut ia bernaung dibawah agensi foto Sygma di mana Sebastian banyak ditugaskan ke Portugal, Angola dan Mozambique.

Selanjutnya di tahun 1974, Sebastiao pindah ke Gamma, di mana ia banyak ditugaskan ke wilayah Afrika, Amerika Latin, dan Eropa. Dan ketika tahun 1977, Sebastiao mulai menggarap suatu proyek dokumentasi suku Indian dan kaum petani di Amerika Latin. Proyek ini kemudian rampung pada tahun 1984 dan diterbitkan sebagai suatu buku berjudul Other Americans.

Dan pada tahun 1979, Sebastiao pindah ke Magnum Photo hingga  tahun 1994 dirinya memutuskan untuk keluar dari Magnum Photo serta membentuk agensi sendiri yakni Amazona Images. Dalam kurun waktu 1984 hingga 1986 Sebastião bekerja sama dengan organisasi Doctors Without Borders untuk mendokumentasikan dampak kelaparan di Afrika. Karya dokumentasi ini kemudian diterbitkan dalam Sahel: Man in Distress dan Sahel: The End of the Road.

Sedangkan pada kurun waktu antara 1986 sampai 1992, Sebastião mengerjakan suatu essay tentang kaum pekerja industri di 23 negara yang kemudian diterbitkan dalam buku Workers. Karya dokumentasi tersebut sudah dipamerkan di 65 museum. Dalam essay ini terdapat sebuah potret pekerja di Kawah Ijen, Indonesia, yang sedang memanggul bongkahan belerang.

Terinspirasi oleh Workers, Sebastião lantas meneruskan dalam proyek essay Migrations. Pada proyek ini,  Sebastião berkelana ke hingga ke 43 negara guna mendokumentasikan orang-orang yang meninggalkan kampung halamannya untuk bermukim di kota.

Sebastião banyak dianugerahi penghargaan dibidang fotografi dan kemanusiaan. Sebastião adalah duta UNICEF dan merupakan anggota kehormatan Academy of Arts and Sciences di Amerika. Sebastião sering menghabiskan waktu yang lama dalam meneliti suatu komunitas dan alam di sekitarnya. Beberapa hal lain yang sangat menjadi perhatian bagi Sebastião adalah flora, fauna, tradisi dan budaya dalam suatu komunitas, perlindungan alam, sumber daya alam, serta konservasi.(Rul)

 

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION