Achmad Zulkarnain, Fotografer Difabel Indonesia Yang Mendunia

Memiliki kekurangan fisik, terkadang dapat membuat seseorang merasa malu dan tidak berdaya. Namun kondisi tersebut tidak berlaku bagi Achmad Zulkarnain, fotografer asal Indonesia yang tak memiliki tangan dan kaki. Meski harus hidup dengan kekurangan fisiknya, akan tetapi tidak membuatnya menyerah untuk menjadi seorang fotografer. Bahkan hebatnya lagi, lelaki asal Banyuwangi itu malah menjadi sorotan media asing Al Jazeera, karena kegigihannya dan hasil kerja kerasnya.

Dengan kondisi tidak memiliki tangan, hal itu membuat  Zulkarnain harus berusaha ekstra agar bisa mengambil gambar yang sempurna. Bahkan iapun harus menempelkan wajahnya ke kamera untuk menghidupkan dan mematikan kamera. Meski harus bekerja lebih keras jika dibandingkan fotografer pada umumnya, tapi hal itu tak membuatnya jadi patah semangat.  Sebab ia kini telah berhasil membuat sebuah usaha fotografi sendiri dengan label Bang Dzoel.

Pada  awal menekuni fotografi, Zulkarnain membeli kamera secara kredit. Hal itu ia tempuh karena kecintaannya terhadap dunia fotografi. Setelah itu, ia pun mulai mengembangkan bakatnya dan hunting ke berbagai tempat untuk mengambil foto yang indah seperti ke puncak Gunung Ijen.

Bahkan demi mendapatkan karya foto yang sempurna, ia mengaku  pernah mempertaruhkan nyawanya karena terjatuh dari tebing. Ketika itu ia ingin mendapatkan foto yang sempurna dari air terjun, tapi ia terjatuh, dan hal pertama yang ada dalam benaknya yakni bagaimana kondisi kameranya? Bukan badannya yang sudah penuh dengan luka memar.

Berkat kegigihannya dalam menapaki dunia fotografi meski memiliki tubuh yang tidak sempurna,  akhirnya  Zulkarnain kini sudah dapat menghasilkan foto – foto yang bernilai seni serta berkualitas. “Jika kalian ingin menjadi yang terbaik, hapuslah pikiran bahwa kalian cacat. Kalian nggak perlu sempurna untuk menjadi yang terbaik dalam pekerjaan kalian,” tegasnya.(Rul/dbs)

About the author

I'm Jornalist and Photographer

Related

JOIN THE DISCUSSION